UPJ Racing Team Menang dalam Eshark ROK Cup

“Kami bangga dengan tim. Demi mendapatkan kemenangan ini, kita bekerja mati matian untuk mengatasi masalah demi masalah yang menimpa tim kami pada race day. Tapi usaha mati matian itu tidaklah sia-sia. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Kami berterimakasih pada teman-teman kami yang selalu mendukung dan terima kasih sebesar besarnya kepada UPJ atas kepercayaan yang diberikan terhadap tim kami untuk mengikuti balap Gokart Nasional,” ujar Ramadhio.

Pembalap UPJ Racing Team Ramadhio Ibra Subingar (Management 2016) berhasil meraih posisi ke 5 dalam Eshark ROK Cup University Gearbox Championship 2017 yang dilangsungkan di Sentul Karting Internasional Circuit pada Minggu (10/9). Pada sesi warm up, gokart sangat tepat dan cepat, sehingga menghasilkan waktu 54.80 detik. Modifikasi pada ban dan knalpot baru, menambah semangat dan harapan UPJ Racing Team saat memasuki lintasan balap.

Namun perjalanan UPJ Racing Team hari itu tidaklah mulus. Pada sesi qualifying, setelah turn 4, Ramadhio Ibra berhadapan dengan 3 gokart yang melintang di tengah lintasan, kecelakaan pun tak dapat dihindari. Gokart kembali ke paddock dengan kondisi kolom stir yang bengkok dan terot yang patah.

Hal tersebut membuat Ramadhio harus start pada posisi 28 pada race pre final. Tidak berhenti sampai di situ, kecelakaan kembali menimpa Ramadhio pada lap ke 3. Gokart dengan nomor 74 yang dikemudikan oleh Ramadhio ditabrak kencang dari belakang, menyebabkan gokart rusak teramat parah sehingga tidak dapat finish pada pre final. Beruntung, kecelakaan tersebut tidak meninggalkan luka serius pada Ramadhio.

Gokart pun kembali dibawa ke paddock dengan sisa waktu 30 menit menuju race berikutnya. Seluruh tim UPJ Racing Team bekerja sangat keras untuk menyelesaikan gokart itu agar bisa mengikuti babak final. Gokart kembali ke dummy grid, kali ini Ramadhio start pada posisi ke 23 dari 29 pembalap lainnya. Saat itu, rasa optimisme mereka sangat diuji.“Kami tak bisa berharap apa-apa selain finish dan membawa gokart pulang dengan utuh. Kami bahkan tak berharap akan juara,” ujar Benny, mekanik UPJ Racing Team.

Namun, takdir berkata lain. Kemahiran Ramadhio dalam mengemudikan gokartnya, menghasilkan buah manis dari rangkaian kejadian mengenaskan. Race Final dengan 12 lap dilahap habis oleh Ramadhio, sehingga dapat finish di posisi ke 5 pada Eashark Rok Cup 2017 kelas Gearbox University. 

Kemenangan ini dapat menjadi inspirasi positif bagi mahasiswa lain bahwa dibutuhkan kerja keras dan perjuangan tanpa mudah menyerah dalam meraih impian.