INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Communication Festival

13 December 2017

Tepuk tangan meriah dari para mahasiswa Ilmu Komunikasi mengiringi dengungan gong yang dibunyikan oleh Rektor Universitas Pembangunan Jaya, Leenawaty Limantara, saat pembukaan Festival Komunikasi “Evodius” pada Selasa, (5/12) di Aula UPJ.

Communication Festival, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ. Tema yang diusung tahun ini adalah “Evodius: Evolution of Mass Medius”. Evolusi media saat ini mengarah pada media siber, begitupun aktivitas khalayak terhadap media yang mengarah pada media digital. Fasya Syifa selaku ketua acara Communication Festival dalam sambutannya menyebutkan bahwa media massa saat ini sudah menjadi kebutuhan manusia yang merupakan mahluk sosial, untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

“Media digital memungkinkan seluruh masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat and membagikannya kepada semua orang dengan sangat mudah,” uajr kepala program studi Ilmu Komunikasi, Reni Dyanasari pada sambutannya. Pada pembukaan acara Communication Festival, juga dimeriahkan oleh penampilan dari UKM Tari Tradisional yang menyuguhkan tarian asal Betawi, Nandak Ganjen.

Sesuai pada tema, seminar yang dihadirkan pada acara Communication Festival mengikuti perkembangan media massa di Indonesia, mulai dari radio, televisi, hingga new media. Hari pertama, diisi dengan seminar Are You Ready O? (All About Radio) bersama Gofar Hilman (Radio Announcer) dan Iqbal Tawakkal (Producer Desta and Gina in The Morning). Dalam seminar ini materi yang diberikan seputar dunia radio, sharing tentang pengalaman yang mereka alami selama berkarier sebagai radio announcer. Tidak hanya itu, Gofar Hilman juga memberikan sejumlah tips dan trik untuk menjadi seorang penyiar radio.

Seminar selanjutnya, berkaitan dengan dunia televisi, Shot (Shaing About TV) bersama Muhammad Aminullah (Producer Brownis Trans TV). Materi yang disampaikan sangat menarik, seperti proses produksi acara televisi hingga apa saja yang harus dipikirkan dalam membuat suatu program. Para peserta seminar yang berasal dari jurusan Ilmu Komunikasi, antusias dengan materi yang disampaikan, hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta seminar yang diajukan kepada Muhammad Aminullah.

Pada hari ketiga, terdapat seminar dari program studi Manajemen dengan judul “Marketing & Branding in Digital Age” yang mengundang Bapak Ridwan Malawi. Program Studi Psikologi juga hadir pada hari selanjutnya dengan membawakan seminar  "Self-Comparison : The Self in Digital World" bersama Clara Moningka S.Psi., M.Si., pada Kamis, 7 Desember 2017. Hari selanjutnya diisi oleh seminar dari Program Studi Akuntansi "Plan Your Personal Finance From Youth For a Great Future" bersama Mada Aryanugraha pada Rabu, 8 Desember 2017.

Pada seminar yang dibawakan oleh dosen Psikologi, Clara Moningka, menyampaikan bahwa, dalam dunia digital banyak pengguna social media yang membandingkan dirinya dengan orang lain. Sisi negatif dari membandingkan diri adalah tidak menjadi dirinya sendiri, apabila dilakukan secara terus-menurus dapat berdampak buruk sehingga menimbulkan depresi. Namun sisi positif yang dapat diambil dalam membandingkan diri dengan orang lain adalah menjadikannya sebagai pembelajaran yang positif dengan mengontrol diri dan memilih hal-hal apa saja yang dapat dijadikan pembelajaran.

Pada hari terakhir Communication Festival “ Evodius” program studi Ilmu Komunikasi mengadakan seminar yang berjudul “Digi-Tak (Digital dan Cetak) bersama Jajang Jamaludin selaku Main Editor Koran tempo dan Rizky Ramadan selaku Managing Editor Hai Magazine. Selain Digi-Tak, di hari terakhir ini juga diadakan seminar sesi kedua dengan judul GO-ON (Go Online) bersama bapak Ardyan Erlangga (VICE Indonesia), Bapak Edho Murthada (IDN), dan Bapak Ade Binarko (Showbiz).

Selain seminar banyak sekali keseruan lainnya seperti penampilan dance, penampilan band, pengumuman pemenang lomba, dan kuis berhadiah tiket masuk dunia fantasi. Keseruan hari keempat Communication Festival, meriah hingga akhir acara, dengan penampilan dari guest star, Abdul and Coffe Theory.

Festival Komunikasi Diginesia tahun ini tidak hanya menghadirkan seminar mengenai Ilmu Komunikasi, tetapi juga berbagai kompetisi, seperti photo contest, cerdas cermat, modern dance, dan vlog. Communication Festival Evodius juga mengadakan kegiatan bazaar charity, yang menjual baju-baju , buku, tas, dan sepatu masih layak pakai dengan harga murah. Hasil penjualan dari bazaar akan disumbangkan kepada yayasan pendidikan.