MARI MEMILIH PROGRAM STUDI: MENGENAL PSIKOLOGI

Apakah kamu sering jadi tempat curhat teman-teman? Ketika teman punya masalah dengan pacar atau orang tua, apakah mereka ngobrol denganmu untuk mendapatkan solusi? Apakah kamu senang mendengarkan teman-temanmu berbagi?

Jika ya, kamu bisa memilih untuk masuk Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Di Psikologi, kita mempelajari perilaku – mulai dari pikiran, perasaan sampai ke tingkah laku. Beberapa contoh mata kuliah yang menarik adalah Self and Identity tentang proses penyesuaian diri dari remaja ke dewasa juga Kepribadian tentang kepribadian dan faktor-faktor yang mempengaruhi, sampai ke Konseling dimana kita mempraktikkan teknik mendengar aktif dan membantu pemecahan masalah.

Apakah ada tugas? Tentu – yah, semua perkuliahan pastilah ada tugas. Yang menarik di Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya adalah tugas-tugas tersebut bisa membantu kita mengenali diri kita. Tugas Psikologi Perkembangan misalnya adalah tentang masa kanak-kanak, dimana kita jadi bisa bercermin dari pengalaman pribadi saat masih di bangku TK dan SD.

Apakah ada hitung-hitungan? Ada – dalam bentuk aplikasi, yaitu lewat mata kuliah Statistik. Misalnya di Psikologi Pendidikan, kita belajar cara belajar mana yang paling efektif : apakah dengan bantuan musik atau dengan bantuan gambar? Hitung-hitungan di Statistik membantu kita membandingkan keduanya menggunakan angka.

Apakah buku-bukunya berbahasa Inggris? Ada yang berbahasa Inggris, ada juga yang berbahasa Indonesia. Menariknya adalah Bahasa Inggris untuk buku Psikologi adalah tentang kehidupan sehari-hari, bukan bahasa teknis. Jadi kata-kata yang dipelajari kita pakai juga sehari-hari. Buku tentang How to Deal with your Stress misalnya, mudah kita pelajari karena yang digunakan adalah Bahasa sehari-hari.

Apakah siswa jurusan IPS bisa masuk Psikologi? Bisa – karena Psikologi terbuka untuk semua jurusan. Semua yang berminat mempelajari perilaku bisa masuk ke Psikologi.

Berarti lulusan Psikologi bisa “membaca” orang dong? Apakah saya bisa “diramal” jalan hidupnya? Bisa dong – tetapi tidak asal-asalan. Untuk bisa “membaca” – maka kita harus baca dahulu teori, melakukan observasi dalam waktu yang cukup lama, wawancara secara mendalam dan jika perlu menggunakan alat tes.

Pernah ikut psikotes? Psikotes adalah salah satu contoh alat yang digunakan. Psikologi bukan dukun yang bisa membaca orang dalam sekejap, perlu ada langkah yang sistematis dan metode ilmiah untuk bisa melakukan hal itu.

Lalu setelah lulus dari Psikologi, kita bisa kerja apa? Kita bisa bekerja dimanapun asalkan masih ada manusia. Di perusahaan? Bisa – biasanya lulusan Psikologi menjadi HRD yang melakukan wawancara calon pegawai. Psikologi pun bisa bekerja di bidang Marketing, karena kita juga belajar tentang perilaku konsumen. Bidang-bidang ini yang dikenal dengan istilah PIO – Psikologi Industri dan Organisasi. Di sekolah? Bisa – lulusan Psikologi pun bisa jadi guru. Bidang ini dikenal sebagai Psikologi Pendidikan. Di masyarakat? Bisa – lulusan Psikologi bisa menjadi trainer atau konsultan dan terjun ke masyarakat melakukan edukasi. Bidang ini termasuk Psikologi Sosial.

Bagaimana dengan lulusan Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya? Lulusan banyak bergerak di bidang human capitaltraining and developmentmarket analysisonline consumer behavior expert, guru bimbingan konseling dan spesialis anak berkebutuhan khusus

Apakah lulusan Psikologi nanti pasti mengurusi orang gila? Psikologi tidak semata-mata mengurusi orang gila lho, tetapi juga berinteraksi dengan orang-orang sehat dan bahagia seperti kita yang baik-baik saja. Psikologi juga membantu kita untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita dan membantu menyelesaikan masalah.

Apakah kuliah di Psikologi ada magang/PKL? Ya – di berbagai tempat, termasuk ke perusahaan, sekolah, LSM, Rumah Sakit JIwa, instansi pemerintah dan lain sebagainya. Yang dilakukan pun beragam, mulai dari membantu rekrutmen sampai menyelenggarakan pelatihan.

Di Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya, ada jurusan apa saja? PSI UPJ bersifat umum tetapi memiliki ciri khas di bidang Psikologi Industri Organisasi, Psikologi Sosial dan Psikologi Pendidikan. Hal ini karena PSI UPJ dibesarkan oleh Kelompok Usaha Pembangunan Jaya – yang membangun kota lewat berbagai proyek infrastruktur sampai perumahan dan sekolah.

Jadi mereka yang lulus berprestasi juga dapat langsung diterima bekerja di Kelompok Usaha Pembangunan Jaya. Hal ini yang membedakan Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya dengan program studi di universitas lain. Maka jangan ragu untuk memilih Program Studi Psikologi sebagai pilihan studimu, terutama di Universitas Pembangunan Jaya.

 

 

 

 

Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo

Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya