INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Menuju Layanan Prima Perpustakaan

06 March 2018

Jakarta – Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) bersama dengan Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan seminar bertajuk Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Menuju Layanan Prima Perpustakaan, yang diadakan pada hari Senin tanggal 26 Februari yang lalu. Salah satu perwakilan Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya turut menghadiri kegiatan yang diadakan di Ballroom Universitas Tanri Abeng, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Standar Nasional Perpustakaan PT dan memperkenalkan instrumen dan prosedur Akreditasi Perpustakaan.

Akreditasi adalah proses jaminan mutu yang dikendalikan oleh standar, kebijakan dan prosedur. Proses akreditasi perpustakaan memerlukan asesmen mutu perpustakaan dan penguatan operasi pendidikan melalui pengembangan dan validasi standar. Dengan adanya akreditasi maka akan meningkatkan kepercayaan kepada publik bahwa sebuah perpustakaan beserta koleksi, jasa, sumber daya manusia dan fasilitas lain memenuhi komitmen pada mutu perpustakaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembicara dari Perpustakaan Nasional RI serta para peserta yang merupakan perwakilan perpustakaan perguruan tinggi yang mendapatkan bantuan program BI Corner, yaitu program kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan untuk meningkatkan budaya baca dan menulis khususnya di kalangan generasi muda. Dalam kegiatan ini disampaikan materi yaitu mengenai Standar Perpustakaan Perguruan tinggi mengacu kepada UU No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Standar Perpustakaan PT yang dikeluarkan oleh Perpusnas RI. Selain itu disampaikan juga mengenai perubahan kompenen penilaian akreditasi yang semula ada sembilan komponen menjadi enam komponen yang mulai diterapkan pada bulan Maret 2018 yaitu standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan, dan standar pengelolaan.

Universitas Pembangunan Jaya adalah salah satu institusi pendidikan yang masuk dalam program BI Corner tersebut yang diperuntukkan bagi sivitas akademika untuk menelusuri bahan bacaan penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya berkomitmen untuk meningkatkan berbagai fasilitas dan kualitas perpustakaan, seperti perluasan ruang, penambahan sekat, ruang komputer, dan lain sebagainya agar sesuai dengan standar akreditasi yang telah ditentukan sebelum mengajukan akreditasi yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2019 nanti.