PRIMA UPJ 2018: UPJ?! Jaya! Jaya! Jaya!

“UPJ?! Jaya! Jaya! Jaya!”

Seruan tersebut menggema selama tiga hari di kampus Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). Gemuruh tersebut datangnya dari para calon mahasiswa UPJ yang sedang mengikuti Program Orientasi Mahasiswa (PRIMA) yang berlangsung pada 15-17 Agustus 2018, di UPJ.

Dulu, masa pengenalan kampus atau OSPEK ini, memiliki beragam cerita kelam tentang perlakuan senior yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan bagi mahasiswa baru. Tetapi, PRIMA UPJ justru menghadirkan sebaliknya.

PRIMA UPJ mebawa kesan yang tidak dapat dilupakan bagi mahasiswa baru. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang dijalani oleh mahasiswa baru selama tiga hari pelaksanaan PRIMA UPJ. Mulai dari pengenalan Universitas, seminar bersama Bapak Ir. (HC) Ciputra, hingga upacara bendera 17 Agustus yang dilanjut dengan lomba memeriahkan hari kemerdekaan.

Tahun ini, tema yang diusung pada PRIMA adalah “Being an Innovative Leader in Disruption Era” filosofinya adalah digitalisasi pengetahuan di dunia industri, menciptakan kesempatan untuk memanfaatkan dunia teknologi dengan produktif sehingga mampu bersaing secara global. Nantinya, calon mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan Creative and Innovative Leadership, Critical Thinking, Complex Problem Solving, Personnel Management, dan Collaboration and Coordination.

Pada hari kedua, calon mahasiswa juga mendapatkan seminar tentang kewirausahaan yang menghadirkan seorang Entrepreneur terkemuka, Ir. (HC) Ciputra. “Tujuan kita adalah mencerdaskan dalam bidang Entrepreneurship,” ujarnya di hadapan seluruh mahasiswa baru UPJ. Menurut Bapak Ciputra, berwirausaha dapat mengentaskan masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan sosial. Antusiasme peserta PRIMA yang tinggi, membuat Bapak Ciputra melebihkan waktunya dalam sesi tanya jawab.

PRIMA UPJ tahun ini semakin meriah karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Seluruh peserta PRIMA dan sivitas akademika UPJ melaksanakan upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus 2018. “Setiap kita, bermakna bagi majunya NKRI tercinta,” ujar Rektor UPJ, Leenawaty Limantara, Ph. D yang juga menjadi pembina upacara saat memberikan pidato kemerdekaan.