INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Peran Psikologi Meningkatkan Kompetensi SDM: Muswil II HIMPSI Banten

07 October 2018

Menyambut bonus demografi, kompetensi SDM merupakan hal penting. Lalu apa yang dapat dilakukan oleh Psikologi?

Hal ini diangkat sebagai tema Musyawarah Wilayah II Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Banten, Minggu 7 Oktober 2018, di Remaja Kuring Resto. Sebagai organisasi profesi yang berdiri di Banten sejak 2007, HIMPSI mengayomi sekitar 300 anggota praktisi dan akademisi Psikologi - semua berperan penting membangun SDM di Banten.

“SDM aset penting menopang Indonesia,” demikian disampaikan Ketua Panitia Mohamad Abdilah Nuradhi, M.Psi., Psikolog. Hal ini penting karena Banten sangatlah kompleks, mengayomi masyarakat adat sampai komunitas sains, sebagaimana disampaikan Ketua HIMPSI Wilayah Banten (2014-2018) Rita Fadilah, S.Psi., Psikolog.

Di sisi lain, HIMPSI semakin. “Contoh nyata peran Psikologi mendampingi atlit paragames, peran Psikologi dalam pemilihan pimpinan kepala daerah, Indonesia juga menjadi presiden ARUPS (ASEAN Regional Unions of Psychological Societies) serta bagian dari APPA (Asia Pacific Psychological Alliances),” disampaikan Ketua Umum HIMPSI Dr. Seger Handoyo, Psikolog.  

Penting memanfaatkan talenta dan kepribadian generasi milenial Indonesia – dengan memimpin diri sendiri, orang lain dan berbagi kepemimpinan. Salah satu cara adalah mengembangkan organisasi, sebagaimana dilakukan HIMPSI hari ini dengan memilih pengurus baru. “Menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain adalah sebaik-baiknya manusia, membesarkan organisasi menjadi salah satu bentuk dari kemanfaatan orang lain,” demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Tangerang Drs. H. Sachudin. Gita Soerjoatmodjo Kepala Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya menyimpulkan di akhir seminar, “Menghadapi generasi millenial mungkin susah-susah gampang, tetapi kenyataan menunjukkan bahwa tak ada yang tetap kecuali perubahan, mari bersama menyumbangkan gagasan.”

Di akhir kegiatan ini, HIMPSI Banten bersepakat Mulyanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai ketua HIMPSI Wilayah Banten (2018-2022), yang juga Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Banten. Lulusan S2 Program Profesi Universitas Indonesia ini aktif sebagai psikolog di Badan Narkotika Nasional (BNN)