INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

UPJ Bawa Pulang 5 Emas dan 2 Perak dari Ajang Internasional 2nd AICAD 2018

09 October 2018

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Bintaro berhasil berhasil meraih medali 5 Emas dan 2 Perak pada ajang multi-disiplin internasional bergengsi di Asia, AICAD Exhibition 2018 yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 2nd Asia International Conference Of Art and Design (2nd AICAD)  yang berlangsung dari tanggal 3-6 Oktober 2018 di Langkawi, Malaysia.

Bintaro, 5 Oktober 2018 – Pertama kali diselenggarakan di Bandung pada tahun 2017, The Asia Internasional Conference of Art and Design (AICAD) adalah ajang internasional tahunan yang membahas isu-isu di lingkungan komunitas Art and Design di wilayah Asia serta hubungannya dengan perkembangan Art and Design di dunia secara keseluruhan.

Pada 2nd AICAD 2018 yang penyelenggaraannya dimotori oleh UiTM Malaysia dan bekerjasama dengan ISBI Bandung serta Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro, turut diselenggarakan juga AICAD Exhibition 2018 sebagai wadah untuk mengapresiasi para profesional dibidang Art and Design yang ada di Asia yang diikuti oleh negara-negara seperti Jepang, Korea, Singapura, Thailand dan Pakistan. Indonesia sendiri hanya mengirimkan 3 perwakilan perguruan tinggi yaitu: Istitut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

Dari ketiga universitas tersebut, UPJ berhasil meraih medali paling banyak yakni 5 medali Emas dan 2 medali Perak yang masing-masing disumbangkan oleh mahasiswa serta dosen pengajar dari program studi Desain Komunikasi Visual, Desain produk, dan Sistem Informasi, yang merupakan tiga dari 10 program unggulan yang ada di UPJ. Selain itu UPJ juga mendapatkan perhargaan Best Presenter melalui paper yang dipresentasikan oleh Pandu Purwandaru Ph.D., dosen program studi Design Product, UPJ.

Program Studi Desain Komunikasi Visual berhasil meraih medali Emas atas nama Ayu Dian Ramadhani melalui karya Tugas Akhir yang berjudul  Board Game Visual Design as A Media Introductory to Traditional Indonesia Fabrics. Selain itu mahasiswa atas nama Indah Larasati Sugiharto berhasil meraih medali Perak melalui karya Tugas Akhirnya yang berjudul Visual Design of Interactive Story Book About Punakawan Figure As Character Education for Early Child Age 4-6 Years Old.

Program Studi Desain Produk memboyong paling banyak medali. Tidak tanggung-tanggung, 3 medali Emas sekaligus berhasil diraih. Medali Emas pertama didapatkan oleh Ganang Alrasyid atas karyanya “Smart Head Rest”, medali Emas kedua didapatkan oleh Rizkal Maulana atas karyanya “Siring: Laminated Bamboo Spinning Top”, medali Emas ketiga datang dari Dosen Desain Produk, Teddy M. Darajat atas karya “Seat Pouch: Multifunction Chair Made By Waste Material”.

“Prestasi kita meningkat dari AICAD tahun lalu, dulu masih ada silvernya sekarang emas semua medalinya. Itu menunjukkan bahwa mahasiswa kami mampu bersaing ditingkat Internasional. Penjuriannya pun dilakukan oleh MRM (Majlis Rekabentuk Malaysia), dewan desain bergengsi di Malaysia. Jadi ya, karya-karya kita memang patut dibanggakan, dan UPJ mampu bersaing ditingkat internasional,” ujar Taufik Panji Wasesa, Dosen Desain Produk yang juga turut menjadi  Judge of Invention, Innovation and Design pada AICAD 2018.

Program Studi Sistem Informasi berhasil membawa pulang 1 medali emas untuk karya Web Base E-Food Court. Kebanggaan ini diraih oleh Tugas Meilyanto, Bagus Edghar Saputra, Nicolus Advendes P., dan Ralitza Lyvia M. Penghargaan lain yang mampu diraih oleh Program Studi Sistem Informasi adalah 1 medali silver untuk karya Smart Assistant Application for Student Activity Unit. Kebanggaan ini diraih oleh Calvin Johannes, Hafizhar Naufal, Sarah Insyrah, dan Thomas Darmawan.

“Para siswa tidak hanya aktif pada kegiatan Akademik, mereka juga memiliki prestasi dibidang Non Akademik. Prestasi demi prestasi yang diraih oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UPJ, semakin lengkap dengan kedelepannya mendapatkan kehormatan untuk berperan serta melaksanakan Pengabdian Masyarakat pembuatan sistem smart toll road yang digagas oleh PT. JASAMARGA BALI TOL sejak Mei 2018 hingga saat ini,” ujar Kepala Program Studi Sistem Informasi, Dewi Nilamsari.

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Desain produk, dan Sistem Informasi, merupakan program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Desain UPJ. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Bintaro yang berdiri pada tahun 2011 dan didukung oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya. Berangkat dari keberhasilan dalam pengelolaan pendidikan dasar dan menengah lebih dari 10 tahun, Yayasan Pendidikan Jaya berinisiatif melangkah lebih jauh untuk membentuk institusi pendidikan tinggi yang diberi nama Universitas Pembangunan Jaya.