INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Psikologi UPJ Menghadirkan Realita Kerja di Ruang Kuliah

19 November 2018

Setiap Rabu, dari akhir Oktober sampai awal Desember nanti, Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya menyelenggarakan Kuliah Tamu. Tidak main-main, Kuliah Tamu ini diberikan langsung oleh para petinggi dari Kelompok Usaha Pembangunan Jaya. Kuliah Tamu ini merupakan bagian dari mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia yang diampu oleh Gita Soerjoatmodjo, Kepala Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya.

“Penting bagi kami untuk memastikan agar mahasiswa dan lulusan dari Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya kompeten untuk berkompetisi di pasar kerja,” demikian tegas Gita Soerjoatmodjo. “Hal tersebutlah yang mendasari penyelenggaraan kuliah tamu ini – karena dengan cara ini, realita kerja bisa dihadirkan di ruang kuliah.” Hal ini diupayakan melalui seri kuliah tamu yang diberi judul Pakar Praktisi Berbagi: Human Capital Management di Kelompok Usaha Pembangunan Jaya.

Siapa saja para pembicara yang hadir? Secara bergantian, hadirlah para tokoh Pembangunan Jaya berikut: Ir. R. Tony Soehartono, MM, CRMP dari Persatuan Bulutangkis Jaya Raya, FL Aris Siswoko SE MM dari Jaya Trade, Ir Kristianto Indrawan, MM dari Jawa Pos, Ivan Satyahadiarta, MM dari Jaya Konstruksi, DR. H. Teuku Sahir Syahali, MM, M.Ak. dari Pembangunan Jaya Ancol dan IB Rajendra MBA, PhD. dari Jaya Beton Indonesia. Mereka datang membawa sekian puluh tahun pengalaman berkecimpung di dunia industri, khususnya di Kelompok Usaha Pembangunan Jaya yang berpengalaman lebih dari 55 tahun membangun lebih dari 25 kota di seluruh Indonesia.

Topik apa yang mereka sampaikan? Dalam rangkaian kuliah tamu ini, mereka membahas mulai dari seleksi hingga terminasi, mulai dari manajemen kinerja sampai etika, mulai dari wawancara sampai kompensasi. Pendek kata, semua aspek yang menyangkut pengelolaan Human Capital di Kelompok Usaha Pembangunan Jaya dikupas habis dalam rangkaian kuliah tamu. Pemilihan topik dan narasumber ini diarahkan langsung oleh Ir. Edmund Sutisna MBA Presiden UPJ yang memberi masukan terhadap kerangka acuan kegiatan dari rangkaian kuliah tamu ini.

“Dengan belajar langsung dari para ‘empu’, maka mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya mendapatkan hikmah ajar yang berharga terkait human capital management. Hal ini penting karena sebagian besar mahasiswa dan lulusan Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya memang magang dan bekerja di bidang ini, mulai dari rekrutmen hingga pelatihan,” tukas Gita Soerjoatmodjo lebih lanjut.

Maka nyaris setiap minggu mahasiswa mendapatkan kisah sukses Kelompok Usaha Pembangunan Jaya mengembangkan aset penting di organisasi mumpuni ini, yaitu manusia. Pengalaman yang dibagi mulai dari reorientasi dari human resources atau Sumber Daya Manusia menjadi human capital dimana manusia diposisikan sebagai modal untuk terus dikembangkan, mulai dari di klub bulutangkis sampai perusahaan aspal sampai industri media. Setiap konteks membawa tantangan yang berbeda, mulai dari mempersiapkan generasi milenial menghadapi kompetisi pasar bebas ASEAN, mengelola blue collar workers yang butuh keterampilan khusus sampai menavigasi penurunan industri media cetak dengan memasuki dunia digital.

Seri kuliah tamu ini juga memunculkan betapa kaya konteks urban yang ada di Kelompok Usaha Pembangunan Jaya. Mulai dari pengembangan infrastruktur hingga media, gaya hidup sampai  konstruksi, korporasi ini memainkan peran yang signifikan. “Urban merupakan DNA Jaya, baik di sisi korporasi di Kelompok Usaha Pembangunan Jaya, sampai di sisi edukasi di Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Oleh karena itulah, peningkatan kualitas kehidupan masyarakat urban ada di posisi sentral di Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya,” lanjut Gita Soerjoatmodjo.

Di akhir perkuliahan nanti, mahasiswa diharapkan berkolaborasi untuk membuat bunga rampai antologi buku. Keseluruhan kuliah tamu ini juga didokumentasikan oleh UPJ Live sebagai pengelola konten televisi berbasis web. Ke depan, materi-materi ini tak hanya ditujukan untuk mengembangkan proses belajar mengajar yang selaras dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar kerja, tetapi juga sebagai materi marketing baik untuk Kelompok Usaha Pembangunan Jaya maupun Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya.