INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

STUDI BANDING PRODI ARSITEKTUR UPJ KE JURUSAN ARSITEKTUR UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, YOGYAKARTA

15 April 2019

Prodi Arsitektur UPJ melakukan studi banding ke Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, pada Jumat (12/4). Kegiatan ini dilakukan berbarengan dengan ekskursi bertema Jejak Langkah Arsitektur Yogyakarta. Melalui studi banding yang dilakukan, tentunya memiliki tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadikan Prodi Arsitektur terus berkembang lebih baik melalui peningkatan mutu akademik dan non akademik.

Kegiatan studi banding ini diawali dengan Pembukaan oleh Sekretaris Jurusan Arsitektur Dr. –Ing. Nensi G. Yuli, S.T., M.T.. Dalam pembukaannya, Ibu Nensi menyambut baik dan memberikan kesempatan kepada Prodi Arsitektur UPJ untuk menggali lebih dalam mengenai kelembagaan akademik dan fasilitas Jurusan Arsitektur UPJ.

Lalu acara dilanjutkan dengan paparan profil program studi dan dosen Arsitektur UPJ oleh Ratna Safitri, S.T., M,Ars.. Ibu Ratna memperkenalkan Prodi Arsitektur UPJ kepada peserta, menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan, serta menyampaikan keinginan untuk bisa berkolaborasi dengan Jurusan Arsitektur UII.

Tentunya hal tersebut disambut baik Dr. Yulianto P. Prihatmaji, S.T., M.T., IPM., IAI. Dalam paparannya, Bapak Aji mewakili Ketua Jurusan Arsitektur UII membuka kesempatan untuk dapat berkolaborasi, menjelaskan dengan detail program akademis yang dibuka di Jurusan Arsitektur UII. Program akademik yang tersedia antara lain jenjang S1, S2, Program Pendidikan Arsitek (PPAr), dan International Program. Program Studi Arsitektur UII masih menjadi satu-satunya pendidikan arsitektur yang selain mendidik menjadi Sarjana Arsitektur (S.Ars), juga mencetak lulusan benar-benar menjadi arsitek (Ars) setelah tahun ke-lima yang sekaligus mendapatkan sertifikat keahlian arsitek (SKA-IAI).

Academic atmosphere yang diberikan sebagai layanan kepada mahasiswa antara lain studio and laboratory based activities, intensive courses, field study, collaboration and exchange program, external academic & professional participations. Implementasi yang lebih luas lagi dengan adanya international program adalah summer-winter school yang mewadahi kegiatan cross cultural study.

Dengan program akademik, non-akademik, dan sarana prasarana yang dimilikinya di atas menjadikan Jurusan Arsitektur UII mendapatkan akreditasi A (BAN PT) dan KAAB (Korea Architectural Accrediting Board) serta Canberra Accord di bawah UIA-UNESCO.

Sebelum mengakhiri acara studi banding, sedikit pesan yang disampaikan oleh salah satu dosen senior Dr. Ir. Revianto B. Santosa., M.Arch., IAI., yaitu tentang semangat untuk terus berkarya dan melakukan kolaborasi yang dapat dijajaki dengan Program Studi Arsitektur UPJ.

Acara dilanjutkan dengan campus tour oleh dosen dan mahasiswa UPJ ke fasilitas yang berada di Jurusan Arsitektur yang didampingi oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur UII. Selain itu mahasiswa juga ditunjukkan dengan situs Candi Kimpulan yang ditemukan pada tahun 1990 saat perpustakaan pusat UII akan dibangun di lokasi tersebut. Acara berakhir dengan sesi foto bersama dengan dosen dan mahasiswa.