INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Seminar Desain Sosial & Ekologi: Material Connects

16 September 2019

Seminar Seminggu Sewindu, dibuka dengan Seminar Desain Sosial & Ekologi: Material Connects, yang diselengarakan pada Senin, (16/9) di Aula UPJ. Seminar ini dibawakan oleh Singgih S. Kartono, beliau menyampaikan paparan mengenai Bambu dan Gerakan Revitalisasi Desa, bagaimana sebuah bambu dapat bermanfaat bagi kemajuan desa. Beliau membuat konsep pasar kebun bambu dan melibatkan warga dalam merevitalisasi kehidupan di pasar Papringan, Desa Ngadiprono, Temanggung, Jawa Tengah. 

Beliau juga mendesain sepeda bambu dan membawa nama Indonesia di mata dunia, dalam ajang Good Design Award 2018. Singgih S. Kartono bersama Spedagi berhasil mendapatkan Gold Award di ajang bergengsi tersebut. Sepeda bambu ini sudah menjalani serangkaian uji coba, seperti Japan Vehicle Inspection Association (JVIA), dan uji kendara di Indonesia melewati Jakarta Madiun tanpa kerusakan. 

Seminar ini dapat berjalan berkat kerjasama antara UPJ dengan Fraktal City 2019. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Program Studi Arsitektur, Ibu Ratna Safitri dan Adi Wibowo dari Fraktal City. Acara ini juga dihadiri oleh mahasiswa Arsitektur, Komunitas, dan Siswa/i SMKN 4 Tangerang Selatan.

Pada Dies Natalis ke-8 ini, UPJ mengambil tema “Bakti Bagi Negeri”. Tema ini adalah implementasi dari motto UPJ, “Integrity, Professionalism, and Entrepreneurship”. “Bakti Bagi Negeri” juga hadir untuk menyikapi fakta dan data terkait kemajuan individual, organisasi sampai level negara ditentukan oleh peran kita sebagai warga negara yang baik. Manusia jaya, sebagai warga negara yang baik artinya berperan aktif, mengerjakan panggilan hidup dengan penuh tanggungjawab dan totalitas, sehingga hidup kita dapat bermakna, dirasakan, dan diakui masyarakat.

Salah satu rangkaian acara pada Sewindu UPJ adalah "Seminggu Seminar Sewindu" yang dilaksanakan pada 16 - 20 September 2019 di UPJ.