INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Kerja Profesi Mahasiswa Arsitektur UPJ

01 November 2019

Kerja Profesi Arsitektur merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Arsitektur UPJ untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan mereka dalam dunia kerja sekaligus memberikan gambaran dunia kerja bagi para peserta. Prodi Arsitektur menetapkan bahwa kegiatan Kerja Profesi dapat dilakukan minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan, menyesuaikan dengan ketentuan instansi terkait.

Pada tahun akademik 2019/2020 ini, jumlah mahasiswa Program Studi Arsitektur yang melakukan Kerja Profesi adalah sebanyak 45 mahasiswa. Mereka tersebar pada Biro Konsultan Arsitektur sebanyak 24 praktikan, Kontraktor sebanyak  3 praktikan,  Construction Management / Pengawasan sebanyak 9 praktikan, Birokrat sebanyak 5 praktikan, Pengembang Kawasan sebanyak 3 praktikan, dan Konsultan untuk Desain Sosial dan Perencanaan Kota sebanyak 1 praktikan. Sebagian besar (44 mahasiswa) menempuh waktu Kerja Profesi selama 3 bulan dan 1 orang mahasiswa melakukannya selama 6 bulan. Sebanyak 11 mahasiswa tertarik untuk bergabung pada perusahaan Jaya Group, dan 34 mahasiswa lainnya di luar perusahaan tersebut.

Biro Konsultan Arsitektur yang mereka jajaki antara lain TWS & Partners, Atelier BAOU+, Budi Pradono Architect, Alien Design Consultant, Tadido Studio, PSA Studio, Parametr Indonesia, Michael Julius Brohet Architects, CND Architect, PT. Puspa Graha Utama, A+A Architecture, Parametr Rupacita, Arcadia Design, PT. Sinar Wijaya Eka Pratista, TSDS Interior Arsitektur, Joso Architect, dan PT. Triyama Mitra Persada. Pada bidang Kontraktor, perusahaan yang diminati antara lain PT. Adhi Persada Gedung, PT. Trans Property Bintaro, dan PT. Satria Wira Persada. PT. Jaya CM juga merupakan kantor Construction Management / Pengawasan yang dijadikan laboratorium untuk belajar para praktikan. Bidang Birokrat juga tidak kalah menjadi sasaran yang menarik untuk dipelajari, yaitu Dinas Bina Marga Tangerang Selatan serta Dinas Bangunan dan Penataan Ruang Tangerang Selatan. Bidang Pengembang Kawasan yang juga mereka jajaki antara lain PT. Jaya Real Property dan PT. Sinarmas Land. Tidak hanya bidang arsitektur namun bidang Konsultan untuk Desain Sosial dan Perencanaan Kota juga menjadi tempat yang menarik, yaitu RUJAK Center for Urban Studies.

Tidak hanya mahasiswa yang antusias selama proses persiapan, pelaksanaan hingga pelaporan dan Seminar Kerja Profesi. Begitu juga Program Studi Arsitektur telah memberikan briefing untuk persiapan, membimbing dan memberikan asistensi selama pelaksanaan, melakukan kunjungan ke perusahaan tempat mahasiswa melakukan Kerja Profesi, hingga melakukan pengujian pada Seminar Kerja Profesi. Hasil dari kegiatan ini didokumentasikan dengan baik pada Laporan Kerja Profesi yang telah diserahkan kepada Perpustakaan UPJ dan instansi tempat mahasiswa melakukan Kerja Profesi.