INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

UPJ Raih Prestasi Peningkatan Klasterisasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

29 November 2019

Universitas Pembangunan Jaya – UPJ mendapatkan penghargaan dari Kemenristekdikti, atas prestasinya dalam Pemeringkatan Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi Periode Tahun 2016 - 2018 sebagai Klaster Utama. UPJ yang diwakili oleh Rektor Universitas Pembangunan Jaya, Ibu Leenawaty Limantara, Ph.D., didampingi oleh Koordinator Penelitian dari LP2M menghadiri undangan Kemenristekdikti untuk menerima penghargaan pada Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-48, pada Jumat (29/11) di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Penghargaan diberikan langsung oleh Koordinator LLDIKTI Wilayah IV, Bapak Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd kepada Universitas yang mengalami peningkatan klasterisasi. Kegiatan yang berlangsung dengan khidmat ini, disambut baik oleh seluruh peserta dan tamu undangan yang berasal dari banyak universitas undangan. 

Setelah sebelumnya berdasarkan hasil pemeringkatan klasterisasi pada bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah direlease oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI yang sekarang bernama KEMENRISTEK/BRIN) pada November 2019, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPJ patut bersyukur atas perolehan penilaian yang didapatkan pada kedua bidang tersebut. 

Pada bidang penelitian, berdasarkan hasil penilaian kinerja penelitian 2016-2018, UPJ menorehkan prestasinya dan menempati posisi pada Klaster Utama dengan peringkat 183 dari 1977 Perguruan Tinggi yang tercatat sebagai kontributor. Sebelumnya, berdasarkan hasil penilaian Kinerja Penelitian di tahun 2013-2015 UPJ masih dalam kondisi "nyaman" berada pada klaster binaan. Sehingga dengan "Naik Kelas"-nya Klasterisasi Kinerja Penelitian UPJ ini, dapat dijadikan pencapaian yang sangat baik bagi UPJ khususnya LP2M yang menangani langsung penelitian serta publikasi. Pencapaian ini akan memberikan dampak positif bagi kualitas penelitian UPJ, baik dari segi skema yang akan terbuka, hingga pendanaan penelitian yang akan lebih banyak lagi.

Selain itu, pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat, LP2M UPJ kembali mendapatkan kabar baik pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat dari Klaster Kurang Memuaskan menjadi "Klaster Sangat Memuaskan". Meskipun, pengumuman akan kenaikan Klasterisasi ini tidak dibarengi dengan pemeringkatan dari Kemenristekdikti, namun perolehan ini merupakan pencapaian yang sangat dinanti-nanti oleh UPJ, khususnya LP2M. 

Selanjutnya, LP2M UPJ mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan berperan aktif atas tercapainya prestasi yang menggembirakan ini. Serta, LP2M berharap civitas akademika UPJ agar selalu menjaga stabilitas kualitas serta kuantitas kegiatan penelitian, pengabdian serta publikasi, sehingga di tahun mendatang UPJ akan mendapatkan peningkatan pada bidang kinerja penelitian maupun kinerja pengabdian kepada masyarakat.