Eksis Bersama Modern Dance

Modern Dance atau Tari Modern merupakan salah satu bentuk ekspresi seni yang banyak digemari oleh generasi muda terutama remaja saat ini. Selain karena gerakan-gerakannya yang ekspresif dan relatif lebih santai, modern dance tidak memiliki terlalu banyak aturan baku atau pakem-pakem gerak tarian yang kaku seperti tari tradisional. Dibalik itu, Modern Dance juga memiliki sejarah yang cukup menarik. 

Modern dance adalah salah satu jenis tarian / dance yang berkembang sejak abad ke-20 di Amerika. Koreografi modern dance lebih banyak merupakan emosi dan tergantung suasana hati. Modern dance lahir dari penolakan terhadap kekakuan tari tradisional (balet) yang memiliki banyak aturan. Modern dance tidak memiliki ketentuan teknik dan struktur gerakan yang telah disusun. Modern Dance atau tari modern adalah jenis seni yang melibatkan gerakan tubuh dengan irama dan musik. Dance/tarian sendiri dalam beberapa budaya merupakan bentuk ekspresi, emosi, interaksi sosial atau olah raga dan tidak jarang pula digunakan untuk mengekspresikan ide-ide. 

Demikian pula di UPJ, ada sekolompok mahasiswa yang sangat aktif berlatih dua kali dalam seminggu setiap Selasa dan Jumat untuk melampiaskan energi-energi positif dan menuangkan ide-ide kreatif dalam gerakan-gerakan yang dinamis dan enerjik. Ya mereka adalah IMPROVIC, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menekuni Tari Modern (Modern Dance). 

Improvic sendiri masih tergolong sebagai UKM yang baru di UPJ, namun UKM ini tergolong sangat eksis dan tampil dalam acara-acara yang digelar baik di dalam maupun di luar Kampus UPJ. Setiap kali penampilannya, Improvic selalu berhasil memeriahkan suasana dan mengundang tepuk tangan meriah dari seluruh penonton. 

Diva, selaku ketua UKM Improvic menyampaikan bahwa, “Selain bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam jalur yang positif di bidang kesenian, kehadiran Improvic juga diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa di UPJ dan dapat membawa nama baik UPJ di dunia luar.” (FJ) 

 

Read More http://upj.ac.id/static-page/94/berita-upj-edisi-1