INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

ARCHWORKS 5 2021 New Paradigm on Architectural Space

19 March 2021

 

 

 

Pandemi saat ini menciptakan era New Normal, sebuah transisi dari masa karantina menuju kehidupan normal berlangsung. Archworks 2021 menjadi awal baru bagi perubahan melewati transisi pandemi yang berlangsung. Arsitektur diharapkan menjadi wadah untuk memfasilitasi seluruh perubahan kegiatan manusia di masa transisi ini. Tujuannya manusia memiliki paradigma atau pola pikir baru untuk keberlangsungan hidup di era pandemi saat ini.

Peran manusia sangat penting dalam perubahan ini, pembentukan sebuah ruang tidak dapat terlepas dari kebutuhan setiap individu.

Archworks 2021 adalah kegiatan yang diusung oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARASKARA) Universitas Pembangunan Jaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perubahan masyarakat melewati masa transisi pandemi menjadi era New Normal dengan menekankan perubahan paradigma atau pola pikir masyarakat. Archworks 2021 dilaksanakan pada 8 s.d. 20 Maret 2021 secara online melalui platform Wix dan Universitas Pembangunan Jaya.

Dengan mengusung konsep New Normal; New Paradigm on Architectural Space yang diambil dari isu pandemic COVID-19, menciptakan era New Normal, Archworks hadir dengan sejumlah rangkaian acara yaitu Webinar (8 Maret 2021), Design Competition (11 Maret 2021), Virtual Exhibition, dan Closing (20 Maret 2021).

Seminar akan dilaksanakan secara online melalaui platform zoom dengan arsitek Rubi Roesli dan Jang Rony Yuwono sebagai pembicara. Ditambah dengan sayembara yang mengadaptasi konsep public space dengan tema new normal di Universitas Pembangunan Jaya.

Selain webinar dan design competition, Archworks 2021 juga menghadirkan virtual exhibition yang menceritakan perjalanan era sebelum pandemi hingga terbentuknya era New Normal. Virtual Exhibition ini diharapkan dapat mendorong dan mengundang masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam mendukung perubahan paradigma di era New Normal.

Program Studi Arsitektur memiliki visi menjadi Program Studi yang unggul dengan kekhasan green architecture di tingkat nasional dalam membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan dan pelopor kesejahteraan.

Program Studi Arsitektur berkesempatan mengasah keahlian mahasiswa untuk mendapatkan hands-on experience (teori dan penerapan di lapangan).

Dukungan kelompok Usaha Pembangunan Jaya seperti Arkonin, Jaya Real Property, Jaya Konstruksi, Jaya Ancol sangat berdampak dalam penerapan metode problem-based Learning dan menempatkan konteks urban lifestyle dalam pembelajaran.

Selain itu, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia, secara intensif dan kompehensif Program Studi Arsitektur menerapkan prinsip Sustainable eco development ke dalam setiap mata kuliah, terutama perancangan Arsitektur.

 

Virtual Exhibition dapat diakses di sini dan masih dapat diakses sampai Maret 2022.

 

Artikel ini juga tayang di, sini dan sini