Ujian Sertifikasi Manajemen Hubungan Pelanggan Digelar, Siapkan Lulusan Berdaya Saing

Unit Jaya  (JCAL) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menggelar ujian sertifikasi skema sistem manajemen hubungan pelanggan gelombang II pada tanggal 18 Januari 2022, di Gedung B 703 dan 704, mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB, yang diikuti oleh 40 mahasiswa program studi manajemen.

Program ujian sertifikasi profesi menjadi salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa semua program studi di UPJ, sebagai persiapan bekal untuk merintis karir di dunia industri.

Program sertifikasi kompetensi, menjadi salah satu bagian dari kebijakan Kemenristek DIKTI dalam rangka revitalisasi pendidikan. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dapat mencetak lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing. Peraturan tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Dalam implementasi kebijakan sertifikasi profesi tersebut, UPJ melaksanakan sertifikasi kompetensi bidang manajemen hubungan pelanggan, yang dijalankan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UPJ, ujian tertulis dan praktek demonstrasi kerja berlangsung secara onsite, di Gedung B ruang 703 dan 704, pada Rabu (18/1).

Pelaksanaan ujian sertifikasi profesi tersebut berlangsung khidmat, diikuti oleh 40 mahasiswa program studi manajemen. Turut hadir Direktur JCAL, Ibu Dr. Hastuti Naibaho., M.Si, Bapak Dr. Yohanes Totok Suyoto, SS., M.Si.,CPMA, selaku Kepala Program Studi Manajemen (assesor pertama), dan Bapak Teguh Prasetio S.E., M.Si., dosen manajemen UPJ (asesor kedua).

Bapak Dr. Yohanes Totok Suyoto, SS., M.Si.,CPMA, salah satu asesor bidang manajemen hubungan pelanggan menjelaskan, pelaksanaan ujian sertifikasi kompetensi manajemen hubungan pelanggan berjalan dengan lancar dan para peserta akan mendapatkan rekomendasi kompetensi yang menjadi salah satu kebanggan bagi mahasiswa program studi manajemen UPJ.

"Hampir semua peserta memenuhi dan memiliki keahlian dalam bidang manajemen hubungan pelanggan .Setelah mereka mengikuti ujian sertifikasi kompetensi ini, mereka dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi swasta lainnya ketika mulai merintis karier di dunia industri,''ucap Dr. Yohanes Totok Suyoto, SS., M.Si.,CPMA

Dr. Yohanes Totok Suyoto, SS., M.Si.,CPMA menambahkan, kegiatan ini berlangsung secara offline dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum masuk, para peserta harus Scan Peduli Lindungi, Cek suhu tubuh, menjaga jarak, memakai masker dan membawa perlengkapan ibadah pribadi, khusus mahasiswa muslim.

“Dengan adanya sertifikat kompetensi bagi mahasiswa, dapat digunakan sebagai bukti yang menunjukkan kredibilitas pada bidang yang diujikan. Sehingga kemampuannya itu, dapat diakui secara resmi oleh negara melalui Lembaga LSP UPJ,'' tutupnya.

UPJ memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Teknologi dan Desain dan Fakultas Humaniora dan Bisnis dengan 10 program studi yakni sistem informasi, teknik informatika, teknik sipil, arsitektur, desain produk, desain komunikasi visual, manajemen, komunikasi, psikologi, dan akuntansi. Berdiri sejak tahun 2011 dengan luas area kampus 15 hetar di kota modern Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Saat ini UPJ memegang peringkat 92 dan sebagai sebagai universitas termuda di liga TOP 100 Universitas Terbaik di Indonesia pada tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan Indonesia.

UPJ memberikan pendidikan unggul melalui program sarjana yang mempersiapkan mahasiswa agar bisa mencapai prestasi terbaik sejak mulai memasuki dunia perkuliahan. Menjadi lulusan yang profesional di bidang teknik, desain, bisnis, dan humaniora agar kelak mereka dapat menjadi pemimpin masa depan yang berdampak nyata secara sosial dan budaya. UPJ hadir sebagai tempat yang tepat bagi mahasiswa untuk menjadi enterpreneur atau tenaga profesional yang kreatif, inovatif, berintergritas, kompeten, dan berorientasi pada nilai-nilai jaya.

Bagi siswa SMA kelas 12, jangan ragu untuk bergabung bersama UPJ dengan memanfaatkan berbagai promo potongan biaya uang pangkal dan program beasiswa. Untuk informasi pendaftaran, dapat menghubungi admisi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPJ dinomor +62812-1295-3000 atau dapat langsung mendaftar di situs pmb.upj.ac.id