Dukung Gen Z Jadi Pengusaha Muda Desain Produk UPJ Hadirkan Lab Artpreneur Modern

Berbeda dengan generasi sebelum mereka yakni Gen X dan baby boomers, generasi Z atau Gen Z memilih jadi ‘Pengusaha’ sebagai pilihan karir masa depan. Dilansir dari hasil survei tahun 2021 yang dilakukan oleh Asia Pacific Young Entrepreneurs Survey bersama Herbalife Nutrition,  mengungkap bahwa 72% generasi milenial dan generasi Z ingin memiliki bisnis sendiri. Aspirasi sama yang juga banyak ditemukan pada program Desain Produk UPJ sejak tahun 2020.

Memahami kondisi yang ada, Program Studi Desain Produk sebagai salah satu program studi di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), memiliki visi untuk mencetak profesional dibidang industri kreatif menghadirkan fasilitas modern yang mampu menghadirkan pengalaman belajar terbaik bagi mahasiswa. Salah satu fasilitas terbaru adalah Lab Desain Produk khusus keramik, perhiasan, dan kayu yang diresmikan pada Selasa, 7 Februari 2023. Selain dihadiri oleh Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan seremonial acara peresmian Lab Desain Produk UPJ juga dihadiri komunitas kreatif yang ada di kota Tangerang Selatan seperti ASETI yakni komunitas sanggar dan Dik Doang yang adalah seniman sekaligus seorang Sociopreneur yang aktif sebagai bagian dari masyarakat kreatif kota Tangerang Selatan juga pelaku industri kreatif seperti Spora EV, Dedato Indonesia.

Turut digelar pada acara peresmian tersebut sebuah "Fashion Jewelry Trunk Show" yang menampilkan koleksi perhiasan hasil karya mahasiswa dan dosen, mengusung tema Urban Art Style 2023. Koleksi perhiasan karya mahasiswa Desain Produk UPJ yang ditampilkan menonjolkan ciri khas tren perhiasan di tahun 2023, dirancang menggunakan teknik layering dengan pemilihan warna emerald atau zamrud serta pemilihan bahan dasar yang terbuat dari resin dan tembaga. Selain itu juga ditampilkan koleksi perhiasan Hope karya dosen program studi desain produk Ibu Donna Angelina, M.A, Designer dan Entrepreneur sekaligus Kepala Lab Jewelry Desain Produk UPJ. Beliau telah memenangkan perhargaan di kancah nasional juga internasional.

"Kami melihat didua tahun belakangan ini lulusan dari prodi desain produk menunjukkan minat yang tinggi untuk menjadi wirausahawan. Hal ini selaras dengan data suvei Asia Pacific Young Entrepreneur tahun 2021 yang menunjukkan bahwa 72% generasi Z dan milenial berkeinginan menjadi wirausaha. Kemudian ditambah dengan program maching fund yang diusung oleh Kemendikbud Ristek, mahasiswa desain produk kami dapat pula mengembangkan kewirausahaan yang dikoneksikan dengan riset di UPJ. Hasil riset mahasiswa tersebut dapat dihilirisasi dan komersialisasi menjadi sebuah produk unggulan pengusaha muda yang lahir dari UPJ.'' tutur Donna Angelina.

Dengan diresmikan Lab Desain Produk yang dilengkapi dengan fasilitas produksi keramik, perhiasan, dan kayu unik dan eksklusif ini. Semakin mempercepat realisasi tujuan UPJ sekaligus membuktikan komitmen UPJ untuk mencetak SDM unggul yang berdampak bagi kemajuan industri kreatif desain di Indonesia melalui program studi Desain Produk UPJ yang siap mencetak sumber daya manusia unggul dibidang Urban Future Lifestyle.

 

Profil Desain Produk 

UPJ memperlengkapi mahasiswa dengan disiplin keilmuan pengembangan produk urban lifestyle. Mahasiswa dibekali dengan kurikulum yang relevan dengan perkembangan akademis dan teknologi bidang desain produk yang terus bergerak dinamis, namun tetap berakar pada pengetahuan pengembangan konsep produk, sehingga para lulusan siap berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat perkotaan.  Mari bergabung dan daftarkan dirimu sekarang! Pendaftaran mahasiswa baru gelombang ke-3 tahun ajaran 2023/2024 sudah dibuka, dapatkan potongan uang pangkal hingga 30%. Bagi shcolarship hunter prodi desain produk UPJ memiliki program beasiswa Jaya 100%, kamu cukup melampirkan 5 hasil karya original 2 dimensi atau 3 dimensi disertai dengan dokumen pendukung persyaratan adminitrasi. Informasi lebih lanjut hubungi admisi di 0812-1295-3000 atau daftar disini

    

For Media Inquiries, Please Call:  

Dio Herman Saputro  

Brand Specialist             

dio.hermansaputro@upj.ac.id | 081118388890 (M)