UPJ Sukses Selenggarakan Creature 2023

Tangerang Selatan – Tahun kedua penyelenggaraan Creature UPJ yang mengusung tema “Unleash Your Creativity and Find Joy In Your Hobby” dengan tagline “We Create, We Celebrate” berhasil menggaet 1500 audiens untuk seluruh rangkaian acara. Acara ini sukses diselenggarakan oleh Program  Studi  Ilmu  Komunikasi  Universitas  Pembangunan  Jayayang dikelola oleh mahasiswa kelas Manajemen Acara minor Public Relations B angkatan 2020. Creature UPJ 2023 menghadirkan komika sekaligus aktor Ge Pamungkas, Salwa Rafila (Putri Indonesia Favorit Kepulauan Riau 2023), Teater Pagupon dari Universitas Indonesia dan ditutup dengan celebration session bersama DJ Mekar Disko dan Ivan Fanny.

Seminar “Build Up Your Creativity From Hobby” yang diselenggarakan pada Jumat 26 Mei 2023, berhasil medatangkan 250 audiens. Dipandu oleh Moderator Irfansyah Putra dengan narasumber Ge Pamungkas dan Salwa Rafila, seminar ini membahas pentingnya memiliki hobi dan cara untuk mengembangkannya. Menjelaskan bagaimana hobi dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bahkan menjadi pekerjaan, serta motivasi dan tips khusus yang mereka terapkan untuk terus kreatif dalam mengembangkan hobi. “Kalo gak bisa terbang lo lari, lo gak bisa lari lo jalan, lo gak bisa jalan lo ngerangkak, lo gak bisa ngerangkak lo merayap. Gak masalah caranya apa, selama lo gak berhenti.” Ujar Ge Pamungkas dalam seminar. “Pesan untuk anak muda yang pasti find your passion, apa sih passion kamu. Kaya yang udah pernah aku baca di buku The Art Of Ikigai kalo sebenernya happiness itu harus dicari dan setiap orang punya happines beda-beda.” Ujar Salwa Rafila dalam seminar.

Ge Pamungkas dan Salwa Rafila turut membagikan kesan baik terkait acara Creature UPJ. “Kesan selama acara menarik, tema yang diangkat juga bagus terkait dengan hobi dan kreatifitas. Pertanyaan moderator juga tepat sasaran. Seru sih apalagi ini event kampus pertama gue setelah pandemi.” Ungkap Ge Pamungkas. “acaranya seru, audience-nya semangat dan ambience-nya oke banget.” Ungkap Salwa Rafila usai acara.

Setelah seminar terdapat pertunjukan dengan tema “Express Your Role” yang berjudul “Lunta” dari Teater Pagupon. Menceritakan perjuangan wanita di zaman dulu dalam memperjuangkan hobi dan memperoleh kesetaraan gender yang dikemas dengan suasana dan nuansa yang mencekam. Didukung dengan ruangan yang gelap serta permainan lighting yang apik, Pertunjukan ini sukses membuat penonton terbawa pada atmosfer dan hanyut dalam isi cerita. Pertunjukan teater ini berhasil menjangkau 350 audiens. “Seru banget, baru pertama kali nonton teater dan ini keren banget sih.” Ujar Hani salah satu audiens.

Creature 2023 ditutup dengan Syncmony pada Sabtu 27 Mei 2023 di Creative Box, Bintaro. Berkonsep karaoke night dengan guest star DJ Mekar Disko dan Ivan Fanny, acara ini berhasil membuat audiens antusias dan menikmati pertunjukan musik yang dimainkan. Syncmony dihadiri 210 audiens. Meski sempat hujan Syncmony tetap berlangsung dan selesai dengan baik hingga akhir acara.

Creature UPJ diselenggarakan dengan berbagai rangkaian acara di antaranya yaitu Pre-Event Instagram Take Over yang berhasil mendapatkan 310 audiens, Instagram Live “X-Plore: Take A Break And Explore Yourself” bersama Aisha Namira yang mendapatkan 360 audiens dan Movie Show “ yang berhasil mendapatkan 120 audiens. Dilanjutkan dengan Main event Seminar yang berhasil mendapatkan 250 peserta dan Teater Show 350 penonton, serta celebration session yang menghadirkan 210 audiens. Creature UPJ 2023 juga berhasil bekerja sama total 20 media partner baik lokal, nasional, media kampus dan media sosial. Serta berhasil bekerja sama dengan sponsor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, PT Mayora Indah Tbk, Wardah, Dsn Digital dan Warung Spesial Sambal.

Creating Creative Age To The Future (Creature) merupakan acara tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya, dimana pada tahun 2023 dikelola oleh mahasiswa kelas Manajemen Acara minor Public Relations (B) angkatan tahun 2020. Creature adalah acara yang bertujuan memotivasi generasi muda untuk mengasah bakat dan kreativitas melalui penyaluran minat dan hobi. Acara ini diharapkan dapat menumbuhkan dan mengasah kreativitas generasi muda. Creature telah berjalan sejak 2022 yang dihadiri 1000 peserta dalam seluruh rangkaian acaranya, Creature memiliki media sosial yang berisi berbagai informasi terkait kegiatan yaitu Instagram dan TikTok @creature.upj. 


Pembukaan Acara oleh dosen dan pimpinan UPJ. 


Sesi penyampaian materi oleh Ge Pamungkas dan Salwa Rafila saat seminar

 
Sesi foto bersama setelah seminar.


Pertunjukan teater pagupon ‘Lunta’