Jadi Tuan Rumah LDBI Jenjang SMA 2023, UPJ Bagikan Penghargaan Beasiswa Prestasi Senilai Rp 2,8 Miliar

LDBI Jenjang SMA tingkat nasional 2023 yang sukses dihelat dengan meriah oleh Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) di Kampus UPJ di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan dari Senin tanggal 31 Juli sampai dengan Kamis, 3 Agustus 2023 resmi ditutup  oleh bapak Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D. Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi. 

 

Kompetisi Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) jenjang SMA tingkat nasional tahun 2023 yang merupakan lomba tahunan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, diikuti oleh debator 35 propinsi dari seluruh wilayah Indonesia termasuk tiga tim dari propinsi baru yang ada di Papua, yaitu Propinsi Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Selatan. Pada LDBI Jenjang SMA tingkat nasional 2023 juga ikut berlomba satu tim debator dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang terdiri dari siswa SILN dari kota Jeddah dan SILN Kota Kinabalu yang hadir secara daring lewat aplikasi zoom. 

 

Dari total 36 tim debator yang bertanding, Dewan juri LDBI tingkat nasional 2023 menetapkan 6 Pembicara terbaik dengan medali setara Perunggu, 8 Pembicara Terbaik dengan medali setara Perak dan 5 Pembicara Terbaik dengan medali setara Emas. Debator dari Propinsi Kep. Riau, March Indi Putri Simbolon, siswi SMA Yos Sudarso Batam dinobatkan menjadi Pembicara Terbaik Pertama LDBI Jenjang SMA tingkat nasional 2023. Sementara itu tim debator Propinsi Kalimantan Timur keluar sebagai Juara 1 setelah mengalahkan tim DKI Jakarta pada babak final LDBI jenjang SMA tingkat nasional 2023.

 

Sebagai tuan rumah, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menyerahkan Beasiswa Prestasi Jaya total senilai Rp. 2,8 miliar bagi 15 finalis LDBI yang akan melanjutkan kuliah program Sarjana (S1) pada tahun akademik yang akan datang di 2024-2025. Fasilitas Beasiswa penuh untuk 8 semester atau 4 tahun ini diberikan sebagai apresiasi dan penghargaan UPJ kepada SDM Unggul bangsa yang berjuang meraih prestasi dibidang lomba debat bahasa di tingkat nasional.  Penyerahan 15 Beasiswa Prestasi Jaya secara simbolis diberikan langsung oleh Rektor UPJ kepada Plt. Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, bapak Asep Sukmayadi
S.IP., M.Si.

 

UPJ setiap tahun selalu memberikan kesempatan kepada siswa/i sekolah menengah berprestasi dari seluruh penjuru Indonesia untuk kuliah secara gratis dengan Beasiswa Penuh melalui berbagai program beasiswa prestasi seperti Seni Budaya, Olahraga, Sains, Akademik dan Kepemimpinan khususnya Ketua OSIS sekolah menengah atas. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rektor UPJ, ibu Leenawaty Limantara, Ph.D: "SDM unggul dan berprestasi yang akan membawa Indonesia sampai pada era Indonesia Emas.” Ibu Leenawaty menambahkan bahwa unggul dan berprestasi menjadi bermartabat tidak hanya bicara soal pengetahuan dan ketrampilan saja. Tapi yang lebih penting adalah sikap dan kebiasaan. Perpaduan ini akan membawa Indonesia melaju menuju bangsa yang semakin maju, semakin berjaya.

 

Sebagai ajang unjuk mengasah kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis, analitis dan logis, ajang lomba debat bahasa juga merupakan ajang untuk eksplorasi, menggali pengalaman dan belajar mengasah pengetahuan juga karakter. Lomba debat Bahasa sangat strategis tidak hanya kemampuan berkomunikasi khususnya bagaimana membaca dan mendengarkan orang lain berbicara tapi juga mengasah sportifitas dan memperbanyak sahabat dan jejaring SDM unggul bangsa sebagaimana yang disampaikan oleh Plt. Direktorat Sekolah Menengah Atas, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi, Bapak Winner Jihad, S.Si.M.Ak, saat memberikan sambutan pada malam penutupan lomba.