ARTECH 2018 "THE FUTURE ART AND TECHNOLOGY FOR SUSTAINING SMART CITIES"

Zaman yang terus berkembang seperti saat ini, tidak kita pungkiri bahwa laju perkembangan teknologi begitu pesat. Hal tersebut melatarbelakangi Fakultas Teknologi dan Desain-Universitas Pembangunan Jaya dengan enam Program Studi (Arsitektur, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk Industri, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil) mencetuskan kegiatan yang bernama “ARTECH 2018”. Istilah ARTECH merupakan akronim dari kata Art dan Technology. Acara yang mengusung tema “THE FUTURE ART AND TECHNOLOGY FOR SUSTAINING SMART CITIES” ini akan mengangkat kegiatan dengan menggabungkan karya-karya dari enam prodi yang memiliki nilai originalitas, unik, bermuatan lokal, dan estetis.

Berkolaborasi dengan komunitas seni dan teknologi yang ada di masyarakat, ARTECH 2018 bertujuan mengajarkan mahasiswa lintas ilmu dari berbagai komunitas seni dan teknologi untuk dapat bertemu dan saling berbagi pengetahuan yang dimiliki melalui penelitian, gagasan tertulis,  dan eksperimen serta pengalaman sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam bidang seni dan teknologi yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pembangunan kota masa kini.

“Yang mau kita usung adalah Art dan Teknologi, dua hal tersebut saling berkesinambungan apalagi zaman sekarang ini. Dari Artech itu kami harapkan muncul ide-ide baru dari perpaduan art dan teknologi, seperti smart citiessmart home, yaa kawasan Bintaro ini contohnya,” ujar Marcello Singadji, ketua acara Artech 2018. 

ARTECH 2018 diadakan pada tanggal 26 Februari 2 Maret 2018, berlokasi di kampus Universitas Pembangunan Jaya. Hal yang menarik dari acara ini adalah diadakannya Seminar yang mengundang sivitas akademika untuk mempresentasikan hasil penelitian dengan tema “Menuju Kota Cerdas melalui Pengembangan Teknologi dan Desain” dengan pembicara utama yaitu Ridwan Kamil, S.T., MAUD selaku Urban Designer.

Fakultas Teknologi dan Desain juga mengundang Pakar IT (Prof.Dr.Ir. Tedy Mantoro, M.Sc., SMIE), Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (Ir. Rudianto Handojo, IPM.), Wakil Dekan FTD sekaligus Urban Designer UPJ (Eka Permanasari, Ph.D.), serta Direktur  Network, Development & Legal MNC-TV (Wijaya Kusuma Subroto, S.H., M.M.).

Bukan hanya Seminar, ARTECH 2018 mengadakan WORKSHOP yang mengundang siswa SMU/sederajat dan masyarakat umum. Workshop ini membahas tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan “Art” dan “Technology”, diantaranya adalah Mobile Programming, Totebag Painting, Urban Sketch dan masih banyak lagi.

“Hasil dari seminar dan workshop ini kami harapkan dapat memberikan inovasi baru untuk khalayak luas dan menuju smart cities kota Tangerang Selatan ditahun 2019,” ujar Marcello Singadji, ketua acara Artech 2018. 

Untuk menambah suasana meriah dan hangat, maka ARTECH 2018 akan mengadakan lomba Musik dengan tema “Sounds of the Future” dengan tujuan untuk meningkatkan kreatiftas bermusik para remaja dan pemuda khususnya Mahasiswa UPJ dan se-JABODETABEK. Bukan hanya music, ARTECH 2018 juga mengadakan Lomba Gagasan Tertulis, Text Typing, Fotografi (Pusaka Arsitektur), Lego Mindstrom, Connect it All!, dan FTD Fair 2018 @instagram, dengan dewan juri yang berkompeten di bidangnya.

Hadir pula pameran dari Penerbit Erlangga dan buku-buku karya Imelda Akmal, serta karya-karya Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Pembangunan Jaya. Semua hal tersebut dikemas dengan baik oleh tangan-tangan terampil mahasiswa dan dosen dan didukung oleh Grup Pembangunan Jaya, dan para Pihak Sponsor serta Media Partner.

Untuk memeriahkan acara maka ARTECH juga mengadakan Bazar yang akan mengangkat produk-produk UKM atau Home Industry Product se-Tangerang Selatan yang menyediakan produk: Art design, Craft, Technology, Fashion, Kontemporer, Kuliner, dan lainnya.

Dengan bangga kami mempersembahkan acara akbar, ARTECH 2018!