Menuju Kampus Hijau: Belajar dari Adiwiyata

Lembaga pendidikan adalah institusi strategis dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Melalui kegiatan dalam maupun luar kelas, siswa mengembangkan budaya lingkungan hidup. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) pun turut serta dengan mengedepankan Sustainable Eco Development (SED) sebagai pola ilmiah pokok.

Mahasiswa Prodi Arsitektur, Akuntansi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk Industri, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Psikologi, Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Teknik Sipil belajar tentang prinsip dasar SED, Daya Dukung, Daya Tampung dan Jejak Ekologis, Pembangunan Berkelanjutan, Perubahan Iklim, Green Policies yang mencakup  kearifan local, etika lingkungan dan environmental justice. Mahasiswa belajar bahwa dalam membangun masyarakat, perlu ada keseimbangan lingkungan hidup, ekologi dan ekonomi (environment-ecology-economy/Triple E).

Demi mencapai kompetensi, UPJ menyelenggarakan kuliah tamu dengan mengundang sekolah peraih penghargaan Adiwiyata. Adiwiyata merupakan apresiasi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk sekolah berbudaya lingkungan. Mahasiswa menimba hikmah ajar (lessons learned) dan praktik terbaik (best practice) dari SD Pertiwi Bogor dan SMP 6 Bogor (25 November 2014) juga SMA 6 Bogor dan SMK 1 Bogor (2 Desember 2014). Selain memaparkan inisiatif misalnya bank sampah, biopori, sumur resapan, pengolahan limbah menjadi biofuel dan seni daur ulang (recycled art), pemanfaatan lahan untuk penghijauan, sekolah-sekolah ini menjelaskan bagaimana memunculkan dan merawat gaya hidup hijau (green lifestyle).

 

Presentasi yang disampaikan antara lain oleh adik-adik kelas 6 SD Pertiwi antara lain menjelaskan pentingnya Adiwiyata bagi sekolah, langkah-langkah sekolah meraih Adiwiyata baik melalui kurikuler maupun ekstrakurikuler, tantangan dan hambatan serta cara-cara mengatasi hal-hal tersebut. Perubahan perilaku terjadi berkat teladan guru, sosialisasi dan pelaksanaan program secara konsisten. Hal inilah yang menjadi benang merah dari keempat sekolah narasumber kuliah tamu ini.

Hasil tukar pengalaman dan informasi nantinya diolah menjadi usulan kegiatan demi mewujudkan UPJ sebagai kampus hijau (green campus). Hal ini merupakan penegasan komitmen UPJ sebagai universitas yang menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten dan berjiwa entrepreneur, tetapi juga mampu menjadi insan-insan peduli  lingkungan.


Laporan oleh: Bayu Edigani (PR)