INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

UPJ Tuan Rumah Babak Final KJI Tingkat Mahasiswa Tahun 2022

08 July 2022

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) merupakan ajang nasional yang sangat diminati oleh Perguruan Tinggi yang memiliki Program Studi Teknik Sipil di seluruh Indonesia. Kompetisi ini bertujuan mendorong dan menumbuh kembangkan kreativitas dan talenta mahasiswa dalam bidang perancangan, pelaksanaan konstruksi dan juga aspek perawatan jembatan. Ajang kompetisi yang sangat implementatif, membentuk teamwork, mengondisikan pendekatan hardskills dan softskills yang terintegrasi menjawab kepentingan masyarakat berbasis teknologi.

Rektor UPJ Leenawaty Limantara antusias menyambut gagasan baik kerjasama antara Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang dihadari langsung oleh Asep Sukmayadi, Kepala BPTI dan Plt. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Rektor UPJ menyampaikan pentingnya bersinergi lintas institusi membangun daya saing bangsa.  Perguruan Tinggi harus hadir mendukung perencanaan strategis nasional khususnya pada pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, berintegritas dengan daya saing yang tinggi.  Dalam diskusinya dengan Kepala BPTI, dibahas beberapa hal penting terkait basis data talenta Indonesia, pemetaan dan terutama pemberdayaannya sebagai asset bangsa.

Asep mengungkapkan bahwa “KJI meupakan salah satu upaya mengembangkan minat, bakat dan keilmuan para mahasiswa, selain program-program kompetisi yang lain yang sangat beragam yang ada di Puspresnas. Segala bentuk potensi dan prestasi di bidang sains, seni, olahraga maupun budaya harus terus dibangun dan dibuat basis datanya.”

Pada implementasinya, Pusat Prestasi Nasional nantinya akan berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Sipil UPJ dalam penyelenggaraan KJI 2022 di UPJ. “Teknik Sipil juga sangat strategis, kita sudah banyak mengembangkan infrastruktur, semestinya anak anak yang berprestasi kita dapat diakurasi prestasinya, dibangun databasenya,” ujar Asep.