INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Workshop Kurikulum Berbasis MBKM dan OBE

01 September 2022

Dalam rangka evaluasi kurikulum setiap empat tahunan, UPJ mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum 2023 berbasis Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Workshop dilaksanakan pada tanggal 1 September 2022 bertempat di Hotel Santika Bintaro. Kegiatan ini merupakan bagian implementasi Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diterima oleh UPJ beberapa waktu sebelumnya.

Dalam kegiatan workshop kali ini UPJ mengundang dua orang narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Yulin Lestari (Asisten Direktur Pengembangan Program & Teknologi Pendidikan Institut Pertanian Bogor, IPB), serta Bapak Prihandoko, S.Kom., MIT, PhD (Sekretaris Dewan Eksekutif LAM Infokom). Prof.Dr. Ir. Yulin Lestari dalam kesempatan ini berbagi cerita mengenai praktik baik Kurikulum IPB yang telah mengadopsi MBKM di dalamnya, melalui mata kuliah yang tergabung dalam Enrichment Course Program pada Kurikulum 2020 (K2020) IPB.

Sementara itu Bapak Prihandoko, S.Kom., MIT, Ph.D. selaku Sekretaris Dewan Eksekutif LAM Infokom, dalam paparannya menyampaikan materi seputar proses pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang berbasis OBE. Dalam penjelasannya, pak Pri menegaskan perlunya perumusan Profil Lulusan Program Studi yang tepat, dengan memperhatikan masukan dari pihak stakeholder internal maupun eksternal.

Workshop singkat selama 1 hari ini, diikuti secara aktif oleh para Kepala Program Studi, Sekretaris Prodi, Koordinator Keilmuan, Kepala BP, LPMU serta JSDP. Workshop ini sekaligus menjadi penanda dimulainya suatu proses panjang selama 1 tahun ke depan, bagi Program Studi untuk dapat menghasilkan satu program kurikulum baru yang mampu memberikan pathway to success bagi mahasiswa/i UPJ.