UPJ Gelar Kompetisi Jembatan Tingkat Nasional

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di tingkat nasional, yang merupakan ajang pesta dan aktualisasi kreativitas mahasiswa Teknik Sipil dari seluruh Indonesia.

Kompetisi Jembatan Indonesia ke-17 (KJI XVII) tahun 2022 kali ini akan diselenggarakan mulai tanggal 11 hingga 13 November 2022. Bertindak sebagai tuan rumah pada kegiatan tahunan KJI XVII kali ini adalah Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). Ajang yang terselenggara atas kerjasama UPJ dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), akan menampilkan 16 (enam belas) tim finalis yang mewakili 8 (delapan) jembatan model pelengkung, dan 8 (delapan) jembatan model rangka baja.

Cikal bakal dari kompetisi ini adalah kompetisi serupa dengan nama ”Kompetisi Jembatan Baja Indonesia (KJBI)” yang diawali pada tahun 2005 oleh Politeknik Negeri Jakarta(PNJ). Pada awalnya kategori jembatan yang dilombakan pada KJBI 2005 hanya jembatan jalan raya rangka baja. Namun seiring dengan perkembangan waktu maka jenis kategori lomba bertambah menjadi 2 kategori lomba yaitu kategori jembatan rangka baja dan kategori jembatan pelengkung.

Universitas yang berhasil melaju ke babak final pada KJI XVII 2022 kali ini adalah Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pelita Harapan, Universitas Bangka Belitung, Universitas Negeri Malang, Universitas Indonesia serta Universitas Udayana.

Sebagai salah satu universitas muda dengan keunggulan di bidang kajian ilmu perkotaan, UPJ selaku tuan rumah KJI XVII 2022 juga berhasil meloloskan salah satu tim finalis dalam ajang KJI XVII kali ini. Tim dari Program Studi Teknik Sipil UPJ dengan nama Capella sukses lolos sebagai salah satu finalis untuk kategori Jembatan Rangka Baja. Imelda Averina salah satu anggota tim Capella UPJ menuturkan bahwa pengalaman mengikuti ajang KJI ini adalah suatu pengalaman berharga, yang memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya selama kuliah, serta peluang untuk mempelajari hal baru mengenai metode perakitan, perawatan,  perbaikan, serta perhitungan anggaran biaya.

Program Studi Teknik Sipil UPJ merupakan salah satu program studi unggulan dari UPJ, yang didukung dengan dosen-dosen praktisi dari PT Pembangunan Jaya. Dengan diperkuat beberapa Guru Besar di bidang Teknik Sipil serta dosen-dosen berpengalaman, tak mengherankan jika Prodi Teknik Sipil UPJ menjadi salah satu program studi terdepan di Banten pada bidangnya.

“Acara KJI 2022 akan kami pusatkan di Plaza Bodhi yang menjadi ikonik Universitas Pembangunan Jaya. Acara akan dibuka dengan penampilan tarian daerah sebagai penyambutan peserta yang berasal dari universitas di seluruh Indonesia, serta atraksi dari UKM Taekwondo yang menjadi salah satu prestasi unggulan non akademik di Prodi Teknik Sipil UPJ. UPJ Siap menjadi tuan rumah acara puncak KJI 2022” tutur Pratika Riris, selaku Kepala Program Studi Teknik Sipil UPJ.