Tingkatkan Mutu Pendidikan Arsitektur, Universitas Pembangunan Jaya Gandeng IAI

Bintaro, 07 Desember 2022- Sebagai salah satu program studi unggulan dalam bidang arsitektur dengan kekhasan green architecture, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menjalin kerja sama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Nasional dan Provinsi Banten.  

Penandatanganan Mou (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement) tersebut di ruang rapat satu gedung A Kampus UPJ, Rabu (30/11/2022) lalu.

Dihadiri Rektor UPJ Lennawaty Limantara, Ph.D,  Wakil Rektor Bidang Operasional dan Kerja Sama Eddy Yusuf, Ph.D, Dekan Fakultas Teknologi dan Desain (FTD), Bapak Dr. Ir. Lukas Beladi Sihombing, MT, MPU. M. ASCE, Kepala Program Studi Arsitektur Ratna Safitri, S.T., M.Ars., GP., Ketua IAI Nasional Ar. Georgius Budi Yulianto, IAI., AA, Ketua IAI Banten Ar. Pierre Albyn Pongai, IAI., Ketua Badan Pendidikan IAI Nasional Ar. Tatyana Kusumo, IAI., dan Ketua Badan Pendidikan IAI Banten Ar. Suwardana Winaya, IAI..

Wakil Rektor Bidang Operasional dan Kerja Sama Eddy Yusuf, Ph.D mengutarakan apresiasinya atas kontribusi IAI Pusat dan IAI Banten selama ini terhadap peningkatan mutu pendidikan dan kualitas prodi arsitektur UPJ, menurutnya dengan adanya kerja sama ini dapat memberikan pengaruh signifikan dalam penguatan kompetensi lulusan dan program studi arsitektur.

"Tidak dapat dipungkiri kualitas sebuah institusi pendidikan adalah kiprah para lulusannya, dengan kerja sama ini, semoga dapat memperkuat mutu pendidikan program arsitektur serta peningkatan kualitas kompetensi para alumni UPJ, '' ungkap Eddy Yusuf, Ph.D.

 Sementara itu Ketua Prodi Arsitektur UPJ Ratna Safitri, S.T., M.Ars., GP., menyatakan bahwa selama ini IAI Pusat dan IAI Banten telah menjalin kerja sama dengan UPJ, sehingga dari segi kualitas kurikulum berorientasi pada kerangka kualifikasi nasional (KKN)  Indonesia profesi arsitek. Disamping itu juga prodi arsitektur UPJ menghadirkan dosen-dosen praktisi yang kompeten dalam bidang green architecture urban dan tentunya terdaftar sebagai anggota aktif di IAI baik Pusat maupun Provinsi Banten.

Ratna Safitri, S.T., M.Ars., GP menambahkan bukti nyata MoU dan MoA ini sejalan dengan terealisasinya program Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr) yang rencananya akan segera diluncurkan. Agar mutu dan kualitas pendidikan prodi arsitektur terus meningkat. Mengikuti kebutuhan industri terhadap tenaga ahli  bidang arsitektur.

"Jadi dengan MOU dan MUA ini, UPJ akan bersinergi dalam proses pengajuan program pendidikan Profesi Akuntansi, sekarang salah satu persyaratan utama menjadi arsitek selain menyelesaikan pendidikan formal S1 Arsitektur. Mereka wajib lulus uji kompetensi profesi arsitek melalui Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr). Itu harapan terbesar kita di Prodi Arsitektur UPJ," ujar Ratna Safitri, S.T., M.Ars., GP.

Prodi arsitektur UPJ senantiasa berkomitmen mencetak lulusan yang unggul di bidang arsitektur dengan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai jaya.  Seperti karakter manusia jaya yang selalu ingin terus belajar dan berkembang serta berdaya saing global. Sehingga para lulusannya memiliki motivasi yang kuat dalam meraih prestasi terbaik.

 

  ‚Äč