Dorong Produktivitas Peneliti Lokal dan Internasional, UPJ-ASRES Sukses Selenggarakan 3 Konferensi Internasional

Sebagai salah satu universitas riset terkemuka di Indonesia, UPJ gandeng ASRES  laksanakan 3 konferensi Internasional sekaligus 7th Business-Management-Economics-Social Sciences-Humanities (BMESH), 7th World Congress on Engineering and Application (WCEA), dan 7th International Conference on Intelligent Technologies (ICIT) pada tanggal 16-18 Desember 2022, bertempat di Theater Gedung A Universitas Pembangunan Jaya. Konferensi internasional ini merupakan gabungan antara 3 konferensi berbeda.

Konferensi Hari Pertama

Tiga Konferensi besar dilaksanakan sekaligus pada hari pertama. Ketiga konferensi ini dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Rektor upj Ibu Leenawaty Limantara Ph.D dan menghadirkan speakers yaitu Vipin K. Tripathi dari National Institute of Technology, Agartala, Tripura, India, yang juga merupakan General Chair dari program konferensi Internasional ini.

Kemudian di lanjutkan dengan rangkaian konferensi, yaitu pemaparan penelitian dan inovasi serta sesi diskusi peserta pemakalah. Konferensi ini menampilkan hasil-hasil penelitian dan inovasi yang menarik, salah satunya dalah inovasi terkait desain untuk gerobak makanan bagi pengusaha kaki lima. Penelitian dan inovasi merupakan hasil kolaborasi dari beberapa program studi yang ada di UPJ. 

Pada sesi pertama konferensi BMESH yang dilaksanakan di Theater 2 gedung A UPJ menghadirkan keynote speker yang berasal dari Metropolitan State University, Denver, USA, Prof. Minga Negash. Prof Negash dalam speechnya membawakan hasil studinya yang berjudul “Accountability in Emerging Economies: An Institutional Pillars Perspective”.

Dalam speechnya Prof. Minga Negash membahas seputar akuntabilitas dalam ekonomi berkembang. Lebih rincinya Prof. Minga membahas secara singkat mengenai etika akuntabilitas dalam proses audit perusahaan. Selain itu, Prof Minga. Negash juga membahas seputar akuntabilitas dan ESG yang merupakan indikator non keuangan perusahaan dan kaitannya dengan akuntabilitas.

Gala Dinner

Konferensi hari pertama ditutup dengan kegiatan gala dinner yang diselenggarakan di Lobby Gedung A UPJ. Acara Gala Dinner pada malam itu dibuka dengan sambutan dari Bapak Eddy Yusuf Ph.D selaku Wakil Rektor II Bidang Operasional dan Kerjasama UPJ dan Ibu Dr. Clara Evi Citraningtyas selaku Dekan Fakultas Humaniora dan Bisnis (FHB) UPJ.

Acara Gala Dinner malam itu, sebagai bentuk sambutan juga sebagai ajang ramah tamah UPJ sebagai tuan rumah penyelenggara ASRES International Conference 2022. Seremonial Penandatanganan IA juga dilangsukan sebelum jamuan makan malam dilakukan. Sepanjang acara Gala Dinner disuguhkan pula pertunjukan musik dan tarian Bhawi the Mildness Woman of Borneo yang telah dipersiapkan oleh Mahasiswa/I UPJ.

Topik Pembahasan Dalam Konferensi ICIT-WCEA

Pada acara internasional konferensi ICIT-WCEA beberapa topik seputar teknik dan teknologi dipaparkan pada konferensi ini. Salah satu pemakalah dalam konferensi ini, Bapak Lukas Beladi Sihombing bersama penulis lainnya membahas seputar Smart Project Portfolio Management untuk membangun Smart Infrastruktur di Ibu Kota baru dengan judul penelitian “Identification Smart Project Portfolio Management to Develop Smart Infrastructure in New National Capital City”.

Dalam pemaparannya Bapak Lukas memaparkan beberapa alasan kenapa Ibu Kota Indonesia harus pindah dari Jakarta. Selain itu dalam pemaparannya dipaparkan pula mengenai identifikasi dari Smart Infrastruktur dan Smart PPM.

“Pembangunan Ibu Kota yang baru sangan penting untuk mengurangi ketimpangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah luar pulau jawa, khususnya Indonesia bagian Timur” Tutur Bapak Lukas.

Sebagai penutup, bapak Lukas mengatakan bahwa Smart PPM dan Smart Infrastruktur dibutuhkan untuk mengakselerasi ibu kota baru.

Topik pembahasan dalam ASRES International Conference 2022 tidak hanya sekedar pemaparan dan diskusi antara pemakalah saja, namun dapat membantu dan menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang ada.

Asres international conference telah dilaksanakan di beberapa negara pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini UPJ berkesempatan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaran Tiga Konferensi Internasional dalam ASRES International Conference 2022.

   

For Media Inquiries, Please Call:

Dio Herman Saputro
Brand Specialist
dio.hermansaputro@upj.ac.id | 08111838889 (Mobile)