Siapkan Lulusan di Kancah Global, UPJ Melalui Unit JCAL Menyelenggarakan Seminar

Menjadi syarat wajib kelulusan, tes TOEIC harus dipersiapkan dengan baik untuk mencapai hasil yang maksimal. Sadar akan hal tersebut, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) terus menggandeng mahasiswa/i agar mengetahui strategi jitu menaklukan tes TOEIC.

Melalui seminar “Accelerate Your English Proficiency: A TOEIC Preparation Seminar ” yang diselenggarakan secara tatap muka pada hari Rabu, 2 Maret 2023, UPJ memberikan dukungan penuh untuk meningkatkan skor TOEIC mahasiswa melalui unit Jaya Center for Advanced Learning UPJ berkolaborasi dengan International Test Center (ITC) yang  berlangsung mulai pukul 09.30 – 12.00 WIB di Teater 1 gedung A UPJ.

Dimoderatori oleh Dr. Hastuti Naibaho, M.Si selaku kepala JCAL UPJ, dalam wawancara beliau menyampaikan bahwasannya tes TOEIC dilaksanakan bagi mahasiswa/i UPJ menjelang masa-masa yudisium, lalu acara dibuka dengan sambutan dari Bpk. Ir. Agustinus Agus Setiawan, S.T,M.T, IPM selaku wakil rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Pak Agus menyampaikan dukungan penuhnya untuk acara seminar persiapan tes TOEIC ini, “Acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan mahasiswi serta dosen UPJ untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris,” ujar pak Agus.

Kemudian beliau juga menyampaikan harapan bagi mahasiswa/i UPJ agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik sebagai modal untuk menggapai karir impian.

Harapan ke depan acara ini terus dilakukan secara berkesinambungan karena salah satu syarat wajib kelulusan skor TOEIC harus 400 dan bahasa inggris menjadi modal menggapai karir impian dimanapun nanti mahasiswa merintis,” tambah pak Agus.

Acara seminar juga menjadi seru dan bertambah meriah karena menghadirkan narasumber yang berpengalaman. Bersama Ibu Dini Larasati, Course Consultant, Trainer, dan Business Resource Manager dari International Test Center (ITC) Indonesia, yang memberikan strategi jitu mencapai skor TOEIC yang tinggi, salah satunya adalah listening strategies.

Semakin sering mendengarkan accents bahasa Inggris dari beberapa negara, kita akan terbiasa. Pelajari keywords pada soal ujian, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, fokus, telitieducated guest, perhatikan konteks dan tone text, biasakan mengenal pharease," ujar bu Dini.

Selanjutnya, Bu Dini juga menyampaikan betapa pentingnya standar skor TOEIC untuk menggapai impian bagi mahasiswa yang mulai merintis karir di industri dan melanjutkan jenjang  pendidikan master di luar negeri.

Skor TOEIC menjadi sangat penting untuk assignment calon karyawan baru, proses rekrutmen, persyaratan beasiswa di beberapa negara, career building, measurement, dan evaluation kemampuan bahasa Inggris,” tambah bu Dini.

Nanda, Salah seorang mahasiswa dari prodi Informatika yang diwawancarai menyampaikan kesannya setelah mengikuti seminar tersebut. Menurutnya ini menjadi kesempatan baik untuk mempersiapkan dan mengenal Bahasa Inggris lebih dalam sebelum mengikuti tes TOEIC nanti.

“Senang bisa mendapatkan tips dan trik mengikuti tes TOEIC, dan harapannya bisa menjadi bekal saya untuk melamar ke perusahaan,” ujar Nanda.

Bu  Hastuti menambahkan UPJ senantiasa mempersiapkan para lulusan yang berdaya saing di kancah Global, melalui program pelatihan persiapan bahasa Inggris dan TOEIC yang dilaksanakan secara virtual.

"Seminar ini menjadi sarana yang baik bagi mahasiswa agar bisa mempersiapkan diri sebelum tes tersebut dilaksanakan, dan UPJ akan selalu mendukung mahasiswa agar terus menjadi manusia “JAYA” baik sekarang maupun dimasa depan nanti,” ungkap Bu Tuti .

Bagi siswa/siswi SMA yang berminat kuliah di bidang desain, teknologi, humaniora, dan bisnis, segera bergabung dan daftarkan dirimu sekarang! Pendaftaran mahasiswa baru gelombang ke-4 tahun ajaran 2023/2024 sudah dibuka, dapatkan potongan uang pangkal hingga 20%. Bagi scholarship hunter  UPJ memiliki program beasiswa Jaya 100%, informasi lebih lanjut hubungi admisi di 0812-1295-3000 atau daftar di sini.