INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Tentang JLP

     Jaya Launch Pad merupakan bagian dari Universitas Pembangunan Jaya yang mendukung proses belajar mengajar dari 10 program studi. Jaya Launch Pad didirikan pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UPJ Nomor: 165-1/KEP-REK/UPJ/09.16 tanggal 5 September 2016. JLP dalam perjalanannya telah membantu proses belajar mengajar sebanyak 2612 mahasiswa terkait aspek kewirausahaan menurut data mahasiswa aktif dari Biro Pendidikan per 29 Oktober 2019.

     Pada tahun 2018 Universitas Pembangunan Jaya mengajukan akreditasi dan memperoleh  predikat B, yang dikukuhkan dalam SK BAN PT No. 681/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018, yang merupakan pengakuan atas prestasi yang berhasil dicapai oleh universitas. Pada proses pencapaian tersebut JAYA LAUNCH PAD juga turut berkontribusi dengan melakukan pengembangan kurikulum matakuliah kewirausahaan untuk Mata Kuliah Umum Universitas Pembangunan Jaya, mengembangkan usaha mikro dan kecil melalui Program PUPUK (Program Unggulan Pengembangan Usaha Kecil) di 6 (enam) Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) rintisan di DKI Jakarta, mendorong dan berkontribusi dalam pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalui keikutsertaan dalam event local, maupun nasional. Mendorong pemanfaatan platform pembelajaran kewirausahaan secara daring bagi hampir seribu mahasiswa.

     Visi, Misi, dan Tujuan universitas tersebut menjadi acuan bagi penyusunan visi, misi, dan tujuan pada tingkat unit, termasuk Jaya Launch Pad. 

     Adapun visi dari JLP adalah sebagai berikut:

     Pada tahun 2035 menjadi Inkubator Bisnis yang unggul dalam memajukan dan mengembangkan kewirausahaan yang inovatif di industri kreatif dalam lingkup perkotaan, dan menghasilkan entrepreneur Manusia Jaya yang memiliki karakter sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan, dan pelopor kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

     Selanjutnya, misi dari JLP adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pengembangan konsep pengembangan kewirausahaan berbasis inovasi secara konsisten dan persisten.
  2. Menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan yang dinamis dan unggul berbasis inovasi melalui pembelajaran yang berkualitas.
  3. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang kewirausahaan yang berdayaguna.
  4. Menjalankan fungsi inkubasi bisnis bagi start-up di dalam UPJ maupun di luar UPJ.
  5. Membangun tata kelola unit Jaya Launch Pad secara efektif, efisien, konsisten dan berkelanjutan.
  6. Melahirkan wirausaha Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup yang berperilaku luhur, dan berdaya saing tinggi, melalui penerapan Nilai-nilai Jaya dan pola ilmiah pokok UPJ.

      Dengan tujuan penyelenggaraan Jaya Launch Pad sebagai berikut:

  1. Berkontribusi menghasilkan lulusan sarjana dari seluruh program studi yang memiliki sifat entrepreneurial dan inovatif yang mampu mewujudkannya dalam formulasi penyelesaian masalah bisnis konkrit pada berbagai jenis organisasi bisnis yang berada di wilayah perkotaan.
  2. Menghasilkan sarjana entrepreneur yang memiliki bisnis yang kompetitif dan inovatif yang relevan dengan dunia bisnis di masa depan.
  3. Menghasilkan mekanisme pengembangan inovasi bisnis dan kewirausahaan yang berbasis pada wilayah perkotaan.

     Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Jaya Launch Pad, dapat mengakses :

  • Website JLP : https://jlp.upj.ac.id/
  • Instagram JLP : https://www.instagram.com/jlp_upj/