Perkembangan teknologi dan aliran informasi terjadi sangat pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
Pesatnya laju perkembangan teknologi ini berdampak pada perubahan gaya hidup, pola pikir,
cara belajar, dan aspek-aspek kehidupan lainnya. Dampak terbesar dirasakan oleh generasi yang lahir
dan/atau tumbuh pada masa terjadinya ledakan teknologi ini; generasi ini dikenal dengan sebutan “generasi Z”.
Generasi Z ini memiliki karakter yang unik dan sangat berbeda dengan karakter yang dimiliki oleh generasi-generasi
sebelumnya. Pengaruh teknologi yang sangat kuat ini tercermin pada, misalnya, ketergantungan generasi Z
dengan gadget dan durasi konsentrasi yang singkat.
Menghadapi generasi Z yang sangat dekat dengan teknologi, memiliki kecenderungan hiperaktif,
penuh percaya diri, dan mudah bosan, inovasi dan terobosan dalam metode pengajaran sangat diperlukan.
Pusat studi Inovasi Pengajaran memusatkan diri pada riset inovasi pengajaran abad 21 untuk menjawab tantangan ini
dengan memadukan strategi pengajaran dengan teknologi. Ruang lingkup Pusat Studi Inovasi Pembelajaran adalah
pelatihan guru matematika dan sains, seminar matematika dan sains, konsultasi dan pengembangan kurikulum
sekolah, riset dalam pembelajaran, dan monitoring dan evaluasi.