Cetak Lulusan Kreatif dan Siap Kerja, Prodi Ilmu Komunikasi UPJ Kembali Selenggarakan Collaboration Festival 2023

Bintaro, Tangerang Selatan – 20 Februari 2023 – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) kembali menyelenggarakan acara tahunan bertajuk Collaboration Festival (CoFest) yang dilaksanakan pada tanggal 20 Februari - 3 Maret 2023. Mengingat wabah Covid-19 sudah kian mereda, CoFest 2023 kembali hadir secara onsite setelah dua tahun lalu dilakukan secara virtual. Sebagai institusi pendidikan yang unggul pada bidang kajian urban, UPJ melalui program studi ilmu komunikasi dengan kekhasan pada bidang komunikasi lingkungan dan masyarakat perkotaan, maka dengan diselenggarakannya CoFest 2023 diharapkan dapat menjadi ruang diskusi generasi muda dalam berkarya dan berekspresi. 

Berbeda dari tahun sebelumnya CoFest 2023 akan dimeriahkan oleh sejumlah youtuber ternama diantaranya Sara Wijayanto, Demian Aditya, Fadi Iskandar, dan Wisnu Hardana dari Diary Misteri Sara, penampilan guest star yaitu OOMLEO Berkaraoke dan Reality Club, kemudian penampilan mahasiswa/I UPJ, Produser, Sutradara, dan Director of Photography dari Film Tulah 6/13. 

Mengusung tema “Suara Jiwa 90-an” dengan tagline “Generasi Vokal Lebih Berakal”, acara ini diawali dengan sambutan Dekan FHB UPJ, dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan yaitu dua seminar diantaranya “Film Lokal Lebih Vokal – Tulah 6/13” dan juga “Konten Kreator, Sekedar Hobi atau Bisa Jadi Profesi, lomba Cofest Got Talent, Iklan Layanan Masyarakat, Basket, Fotografi,  donor darah, & closing ceremony.”  

Ibu Clara Evi C. Citraningtyas, Dra., M.A., Ph.Datau akrab disapa Ibu Clara selaku Dekan Fakultas Humaniora dan Bisnis dari Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan acara tahunan CoFest 2023 oleh prodi Ilmu Komunikasi. 

"Kegiatan ini merupakan ajang penting yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam melaksanakan ajang khusus mulai dari perencanaan kreatif acara, media relations, digital marketing, copywriting, eksekusi di hari h acara, hingga evaluasi. Sekaligus juga mengasah soft skill para mahasiswa seperti kepemimpinan, team work percaya diri, piawai berpendapat, dan mampu berperan sebagai problem solver. Sehingga mereka tidak hanya cerdas secara akademis, tapi siap memasuki dunia kerja setelah lulus kelak dan berdaya saing,'' jelas Clara. 

‚Äč

Acara Tahunan Communication Festival (COMMFEST) Sebagai Wujud Nyata Siapkan Lulusan UPJ Bekerja di Industri Kreatif di Indonesia

Dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, ada sekitar 8,2 juta usaha kreatif di Indonesia yang didominasi oleh usaha kuliner, fashion, dan kriya, sehingga 3 subsektor ini juga memiliki kontribusi terbesar terhadap PDB Ekonomi Kreatif. Selain itu, ada 4 sub sektor dengan pertumbuhan tercepat yaitu TV dan radio; film, animasi, dan video; seni pertunjukan; dan Desain Komunikasi Visual. Memahami kondisi yang ada, Prodi Ilmu Komunikasi UPJ senantiasa berkomitmen mencetak lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenaga ahli di industri kreatif di Indonesia, melalui Communication Festival (COMMFEST) dengan tema yang dikemas berbeda setiap tahunnya.  COMMFEST pertama kali dihelat pada tahun 2016, lalu dilanjutkan tahun 2017 dengan tema “Diginesia” dan “Evolution of Mass Media (EVODIUS)Kemudian pada tahun 2018 mengangkat tema “Creative Entrepreneur Dare to Innovate and Inspire People (CREDIT TITLE)”.

Di tahun 2019, COMMFEST sempat berganti nama menjadi Collaboration Festival (Co-Fest) dengan mendatangkan penonton sekitar lebih dari 5000 penonton saat penutupan acara di Bintaro Jaya Xchange Mall. Saat pandemik Covid-19 terjadi di tahun 2022, Cofest tetap diadakan meskipun secara virtual “Kreasi Digital Penggerak Generasi” dengan mengundang Raditya Dika dan Fajar Nugraha. 

Debora Nathania selaku Ketua Pelaksana CoFest 2023 turut memaparkan makna di balik tema  “Suara Jiwa 90 an” dengan tagline “Generasi vokal lebih berakal”. 

“Momentum  CoFest 2023 ini diharapkan menjadi penyemangat dan motivasi bagi generasi muda untuk menyalurkan kreativitas mereka dalam berbagai hasil karya seperti video. Sebagai sarana untuk berekspresi dan menyalurkan aspirasi yang bermanfaat,'' kata Debora. 

Melalui bergaram kegiatan yang telah dilaksanakan, UPJ berkomitmen untuk memperlengkapi mahasiswa agar tumbuh menjadi manusia 'Jaya' yang unggul, baik dari akademis, nonakademis juga berjiwa enterpreneur, serta mendorong mahasiswa untuk terus mengembangkan potensi terbaik dan mampu menuai prestasi sejak masa kuliah. Mari bergabung dan daftarkan dirimu sekarang! Pendaftaran mahasiswa baru gelombang ke-3 tahun ajaran 2023/2024 sudah dibuka, dapatkan potongan uang pangkal hingga 30%. Bagi scholarship hunter prodi Ilmu Komunikasi UPJ memiliki program beasiswa Jaya 100%, informasi lebih lanjut hubungi admisi di 0812-1295-3000 atau daftar di sini.

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi:
Dio Herman Saputro
Kasubag Brand Spesialist
dio.hermansaputro@upj.ac.id
+628111838890