DKV UPJ Suarakan Isu Seni dan Desain Berkelanjutan Lewat Pameran Artfest Creartical

UPJ melalui Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan kekhasan urban advertisement dan multimedia menggelar pameran seni dan desain yang digelar secara tatap muka, bertajuk “CreARTical” dengan tema besar “Initiate the Next’ pada 27 Februari-4 Maret 2023. Berbeda dengan pameran tahun lalu yang digelar virtual, kali ini DKV UPJ berkolaborasi dengan Universitas Trilogi dan masyarakat umum, dengan menampilkan 200 buah karya seni dengan 160 pengkarya dari seniman-seniman muda, sebagai inisiasi pergerakan wadah urban culture khususnya seni dan desain yang berkelanjutan.    

Karya seni yang diusung oleh para seniman muda, mahasiswa DKV UPJ, dan masyarakat pada umumnya tak hanya estetik namun juga memvisualisasikan karyanya dengan berbagai perspektif. Sebagai contohnya karya dua dimensi dan tiga dimensi yang ditampilkan dalam bentuk instalasi dan performance art, secara kritis hingga reflektif.           

Seperti karya dari Nirang Virgiawan, mahasiswa DKV UPJ yang membuat sebuah lukisan akrilik ukuran 60cm x 80cm, berjudul “Kemanusian Di Atas Segalanya, Bahkan Di Atas Manusia Itu Sendiri’. Karya ini terinspirasi dari kutipan tokoh dunia perdamaian yaitu Mahatma Gandhi yang dilatarbelakangi keresahan pribadinya tentang perlakukan negatif individu pada individu lain, hanya karena perbedaan perspektif. Menurut pandangannya kedamaian bisa terwujud apabila adanya rasa kepercayaan antar sesama individu. Karya milik Nirang memiliki filosofi bahwa manusia merupakan ciptaan Tuhan yang sangat mulia dari makhluk hidup lainnya. Manusia mempunyai potensi berfikir, rasa, karsa, dan cipta, manusia menduduki kedudukan dan  bermartabat tinggi. Nirang berharap melalui karya seni lukisnya dapat menciptakan perdamaian sekaligus meningkatan kesadaran bersama perihal isu-isu konflik sosial yang berkembang di masyarakat.

Karya Nirang juga menjadi pembawa pesan tersirat terkait perdamaian dunia  dan tercipta di bawah bimbingan Bapak Desi Dwi Kristanto selaku kepala program studi DKV UPJ.“Kemanusian Di Atas Segalanya, Bahkan Di Atas Manusia Itu Sendiri ’merupakan simbolisasi keprihatinan terhadap isu-isu kemanusian yang terjadi di wilayah perkotaan. Kepercayaan takkan pernah luput dari kualitas manusia itu sendiri, kedamaian menjadi salah satu isu penting dalam kajian urban (masyarakat perkotaan), dan dalam suatu rancangan karya seni lukis, fokus utama pada opini seniman itu sendiri,” ujar  Bapak Desi Kristanto.

Selain isu perdamaian, rupanya terdapat mahasiswa DKV UPJ yang memberi perhatian terhadap fenomena dramaturgi di media sosial. “Three Faces” karya Siti Shellma Putri Buana menitikberatkan pada kehidupan kaum urban yang sangat tergantung pada media sosial, dimana saat ini individu dalam kehidupan kesehariannya memiliki apa yang disebut dengan panggung depan dan panggung belakang. Ketika manusia berinteraksi di media sosial,  ia akan memilih peran mana yang akan dijalankan. “Wajah yang kita perlihatkan di muka dunia. Wajah yang kita tunjukkan di hadapan orang-orang terdekat. Wajah yang tidak pernah kita tampilkan kepada siapapun, tertera deskripsi tersebut dalam karyanya. Secara filosofis hasil karya seni Shellma terinspirasi dari masyarakat Jepang yang mengenal konsep “Three Face”, tertera dalam karya seni lukis tersebut.

Melalui “CreARTical” dengan tema besar “Initiate the Next’,DKV UPJ mengarusutamakan isu-isu urban development yang  didesain dalam bentuk visual yang interaktif seperti seni dua dimensi, seni tiga dimensi, performing arts, dan seni lukis. Semoga karya para mahasiswa dan dosen DKV UPJ ini  semakin mengukuhkan prodi DKV UPJ sebagai pusat kajian urban art design di Indonesia dan dampaknya bagi komunitas kota.

Prodi Desain Komunikasi Visual UPJ memperlengkapi mahasiswa guna menghasilkan elemen visual yang kreatif, berkarakter, dan bernuansa budaya lokal yang sedang tren sejalan dengan tuntutan industri global. Mahasiswa akan mendalami disiplin ilmu terkait  seperti sejarah seni desain, tipografi , fotografi, animasi, visualisasi digital 3D, videografi komersial, perancangan komik, kajian seni dan budaya. Desain Komunikasi Visual UPJ  juga menyediakan berbagai fasilitas memadai seperti  lab komputer grafis, multimedia, fotografi, dan animasi.  Bagi siswa SMA kelas 12, mari bergabung bersama UPJ! Memanfaatkan berbagai promo potongan biaya uang pangkal hingga 20% dan program beasiswa Jaya 100%. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi admisi di 0812-1295-3000 atau daftar di sini.

   ‚Äč